Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CV Menarik Terbaru Yang Disukai HRD Bagi Pencari Kerja

Untuk para pencari kerja persiapan Curriculum Vitae atau ringkasan riwayat hidup menjadi hal yang sangat penting. Curriculum Vitae (CV) akan menjadi pedoman bagi HRD perusahaan untuk memahami diri si pelamar kerja, dengan kata lain CV sebagai gambaran dari diri seseorang.

Tidak hanya di dunia kerja, Curriculum Vitae saat ini juga banyak difungsikan di berbagai hal diantaranya CV sebagai hal wajib di lingkungan akademik misalnya untuk mendaftar beasiswa atau saat hendak mendaftar organisasi yang ada di kampus. CV biasanya menjadi salah satu persyaratan yang harus dilampirkan.

Bisa dibayangkan, apabila mendaftar kerja tanpa disertai dengan Curriculum Vitae, pihak HRD perusahaan akan kesulitan mengenali dan menilai masing-masing dari pelamar. Maka dari itu, CV menjadi salah satu syarat wajib yang harus disertakan untuk melamar pekerjaan.

Dengan adanya Curriculum Vitae, pihak perusahaan akan dengan mudah memahami pribadi si pelamar sehingga mempercepat proses seleksi karyawan. Selain itu, dengan CV Anda bisa memperlihatkan profesionalitas dan pencapaian kerja Anda. Setiap perusahaan pasti mempunyai persyaratan bagi para pelamarnya. 

CV Menarik Terbaru Yang Disukai HRD Bagi Pencari Kerja

CV menarik yang disukai HRD

Perusahaan biasa menyediakan standar kerja tersendiri yang berbeda-beda antara perusahaan satu dengan lainnya. Mulai dari yang sulit sampai yang mungkin bisa dengan mudah dipenuhi oleh setiap pelamar. Nah, disinilah fungsi curriculum vitae bekerja untuk menunjukkan seperti apa kemampuan Anda.

Berikut beberapa tips membuat CV menarik yang bisa Anda ikuti:

1. Masukkan Identitas Diri dengan lengkap

Tips yang pertama dalam membuat Curriculum vitae yang menarik adalah melampirkan data diri Anda berupa nama lengkap, tempat tanggal lahir, serta jenjang pendidikan terakhir yang ditempuh. Dalam penulisan identitas tidak disarankan untuk menyampaikan pendidikan dari jenjang awal yaitu TK, SD, SMP, dan SMA.

Hal ini karena ketika Anda menuliskan riwayat pendidikan sejak taman kanak-kanak akan membuat CV Anda terlalu penuh dengan hal yang kurang diperlukan. HRD hanya membutuhkan ijazah terakhir Anda sebagai dasar pertimbangan. Beberapa perusahaan tidak melihat jenjang pendidikan yang sudah ditempuh.

2. Gambarkan Diri Anda dengan Singkat, padat, jelas, dan Menarik

Apabila data diri sudah lengkap, berikutnya yaitu membuat penjelasan mengenai deskripsi diri Anda. Tuliskan gambaran individu Anda, misalnya seperti kepribadian, hobi dan kegemaran, organisasi yang diikuti, dan pengalaman-pengalaman menarik yang sekiranya sesuai dengan bidang pekerjaan yang Anda lamar diperusahaan tersebut.

Mengenai gambaran diri , Anda bisa menjabarkannya sesuai dengan tujuan dan harapan Anda kenapa melamar di perusahaan tersebut. Anda juga bisa menuliskan kemampuan dan kelebihan apa saja yang Anda punya dan akan Anda kontribusikan untuk perusahaan.

3. Sampaikan Penjelasan tentang Kemampuan Utama dan keahlian pendukung.

Setiap pencari karyawan pasti ingin mengetahui sedalam apa kemampuan dan keahlian yang dimiliki para pelamar. Oleh karena itu, Anda bisa menuliskan keahlian apa saja yang Anda bisa, sertakan juga pengalaman Anda. Yang paling utama, pastikan keahlian yang Anda tulis adalah yang sebenarnya, jangan melebihkan ataupun mengurangi.

Untuk mengisi kolom keahlian, Anda tidak perlu berpikiran bahwa keahlian yang Anda tulis haruslah keahlian tingkat tinggi yang sulit. Anda bisa menuliskan keahlian sederhana ataupun keahlian spesial yang Anda miliki yang tidak jauh dengan lingkup pekerjaan yang Anda lamar.

Untuk menuliskan keahlian pastilah harus mempunyai kesesuaian dengan pekerjaan yang sedang dilamar. Oleh karena itu perlu dilakukan pengamatan pada perusahaan agar lebih memahami kebutuhan perusahaan tersebut. Sehingga lebih mudah bagi Anda untuk menyertakan keahlian apa saja yang harus dituliskan.

4. Sertakan Kontak akurat yang Profesional

Tips membuat CV menarik berikutnya yaitu mencantumkan informasi kontak pribadi yang akurat, bisa berupa nomor telepon, whatsapp, ataupun email, supaya pihak perusahaan bisa dengan mudah menghubungi Anda untuk menyampaikan informasi lebih lanjut.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat mencantumkan media sosial yang Anda miliki seperti instagram. Tetapi akan lebih baik apabila Anda hanya mencantumkan media sosial yang sekiranya akan mendukung dan membantu kemampuan Anda di hadapan perusahaan. Misalnya sosial media yang memuat unggahan tentang kemampuan Anda.

Meskipun terlihat kurang berarti, namun menuliskan kontak pada Curriculum vitae merupakan suatu hal yang sangat penting. Kontak akan menunjukkan profesionalitas Anda dan memudahkan pihak HRD untuk menghubungi ketika ada tindak lanjut terhadap draft Curriculum Vitae yang Anda dikirim.

5. Buat Penjelasan Dalam CV Menjadi Sederhana

Tidak jarang Anda membaca Curriculum Vitae terutama pada bagian deskripsi diri dengan penjelasan yang panjang dan dan bertele-tele. Atau data diri yang dituliskan terlalu lengkap dan sejenisnya yang pastinya hal tersebut akan membuat Curriculum Vitae Anda akan malas dibaca karena terlalu penuh dengan tulisan seperti cerita.

Anda cukup mencantumkan biodata singkat yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kepentingan perusahaan seperti nama dan tempat tanggal lahir saja. Anda juga bisa mendeskripsikan diri sesuai data dirimu dan pengalaman yang sudah Anda dapat termasuk juga bukti pencapaian yang Anda miliki.

Misalnya, Anda bisa menyebutkan ketika Anda sudah pernah menjuarai suatu kompetisi dan mendapatkan Piagam penghargaan.

6. Membuat CV dengan desain tidak berlebihan tapi menarik

Saat ini sudah banyak tersedia template Curriculum Vitae yang menarik dan beragam di internet. Anda bisa mengambil salah satu diantaranya atau Anda akan lebih baik saat Anda bisa mendesain nya sendiri. Sesuaikan konsep CV Anda dengan kebutuhan isinya, jangan membuat tampilan CV yang terlalu ramai dengan warna yang mencolok.

7. Cantumkan pengalaman kerja dengan lengkap

Jika tadi Anda disarankan untuk tidak mendeskripsikan diri terlalu panjang pada kolom biodata dan deskripsi, saat ini Anda diharuskan untuk menuliskan sedetail mungkin mengenai pengalaman kerja Anda. Sebuah perusahaan akan sangat mengutamakan pengalaman kerja dalam memilih karyawan.

Orang berpengalaman pastilah akan lebih diutamakan. Kecuali jika lowongan itu ditujukan untuk fresh graduate, Anda bisa menuliskan pengalaman organisasi, pengalaman kerja sampingan, ataupun prestasi selama masa pendidikan. Tuliskan pengalaman kerja Anda selengkap mungkin.

Mulai dari perasaan Anda bekerja di bidang itu, sampai dengan alasan Anda keluar dari pekerjaan sebelumnya dan memilih melamar di perusahaan ini. Berhati-hatilah dalam memilih kata saat menyampaikan alasan mengundurkan diri dari pekerjaan sebelumnya. Karena hal ini bisa juga menjadi dasar pertimbangan HRD.

Selain pengalaman kerja, Anda juga bisa mencantumkan berbagai training ataupun pelatihan yang pernah Anda ikuti selama beberapa tahun terakhir. Termasuk juga proyek-proyek yang pernah Anda selesaikan beserta pencapaian-pencapaian lainnya. Pastikan menyampaikan yang Anda tuliskan singkat, padat, dan jelas.

Membuat CV supaya terlihat profesional dan berkelas serta menarik di mata HRD merupakan hal yang bisa dibilang susah-susah gampang. Tidak sulit namun harus cermat dan teliti,jangan sampai salah kata yang akan berujung mengecewakan atau tidak diterima kerja.

CV menarik sebagai perantara penyampaian diri Anda harus bisa membawa diri dengan baik dan benar sesuai dengan keadaan yang ada. Tidak berlebihan tetapi juga tidak dikurangkan. Curriculum vitae juga bisa menunjukkan kepribadian seseorang. Oleh karena itu tulislah CV dengan baik dan benar serta semenarik mungkin. 

Demikian ulasan selengkapnya tentang CV menarik terbaru yang disukai HRD. Semoga para pelamar kerja lolos seleksi serta mendapatkan pekerjaan pada perusahaan yang dilamar.

Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Post a Comment for "CV Menarik Terbaru Yang Disukai HRD Bagi Pencari Kerja"