Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Yuk Ketahui Arti Warna Helm Safety Bagi Pekerja Lapangan

Seperti yang diketahui bahwasannya kepala manusia merupakan bagian tubuh yang krusial. Sebab, didalamnya terdapat otak yang merupakan tempat penyimpanan memori dan pengendalian organ tubuh lainya. Oleh karena itu, kepala perlu mendapatkan perlindungan ekstra terutama bila Anda bekerja di tempat yang beresiko tinggi memiliki kecelakaan kerja.

Dengan demikian, jangan sampai Anda abaikan keselamatan Anda terutama bila bekerja di lapangan. Nah, keberadaan helm safety ini merupakan salah satu alat perlindungan diri yang sangat penting dan wajib ada serta digunakan oleh para pekerja. Ketika bekerja di lapangan tentunya sangat membutuhkan proteksi yang tinggi.

Awal mula dari penggunaan helm safety ini, yaitu ketika para pekerja di galangan kapal menggunakan aspal kering sebagai pelindung kepala mereka. Terutama, dari benda-benda yang ada di atas geladak kapal yang tengah dibangun. Nah, hingga pada akhirnya secara resmi helm safety pertama kali dikembangkan oleh Worker’s Accident Insurance Institute pada tahun 1912.

Pastinya bagi pekerja lapangan, helm safety merupakan salah satu alat pelindung diri (APD) yang sangat penting. Selain itu, penggunaannya juga tertuang dalam aturan Undang-Undang (UU) Ketenagakerjaan mengenai penggunaan APD. 

Yuk Ketahui Arti Warna Helm Safety Bagi Pekerja Lapangan

warna helm safety bagi pekerja lapangan

Manfaat Menggunakan Helm Safety

Untuk beberapa area kerja, seperti konstruksi, pertambangan, serta area lainnya pasti memiliki risiko kecelakaan kerja yang tinggi dan berbahaya. Tentunya, risiko tersebut bisa datang dari mana saja tanpa disadari. Baik itu karena human error, cuaca, lingkungan kerja (listrik, api, licin, dan lainnya), maupun alat-alat berat yang ada di sekitar Anda.

Sehingga sering kita jumpai petugas K3 atau HSE selalu mengingatkan para pekerja agar selalu menggunakan  perlengkapan APD . Nah, salah satu manfaat helm safety yaitu bila Anda terkena benda tumpul atau tajam jatuh ke kepala secara tidak sengaja, maka Anda bisa terhindar dari cedera. Anda bisa bayangkan apa yang terjadi jika benda tersebut mengenai kepala Anda saat tidak menggunakan helm, kan? 

Tentunya, dalam pemilihan helm pelindung atau safety helmet yang dipakai para pekerja juga harus memenuhi SNI atau Standar Nasional Indonesia. Sebuah perusahaan atau penyedia lapangan pekerjaan sangat dianjurkan untuk memfasilitasi para pekerjanya dengan helm standart SNI. Supaya keselamatan pekerja lebih terjamin.

Nah, pastinya Anda pernah melihat beberapa pekerja di dalam suatu area memakai sebuah helm safety yang memiliki warna berbeda, bukan? Sebetulnya helm tersebut bukan bertujuan untuk gaya. Namun, perbedaan warna pada helm safety ini memiliki artinya masing-masing. Nah, berikut arti warna helm safety yang perlu Anda ketahui!

Arti Warna Helm Safety?

1. Helm Putih

Di dalam industri K3, ternyata helm putih mewakili orang-orang dengan jabatan yang tinggi lho! Seperti halnya seorang insinyur, manager, pengawas, serta mandor. Nah, bagi mereka yang menggunakan helm putih ini biasanya merupakan orang-orang yang memiliki tanggung jawab besar dalam pekerjaannya. Selain itu, mereka memiliki pengetahuan yang lebih besar pula.

Nah, helm safety putih polos dengan 1 strip (8 mm) digunakan oleh seorang Pelaksana. Sedangkan warna putih polos dengan 2 strip (2 x 8 mm) menandakan Kepala Pelaksana. Sementara itu, warna putih polos dengan 3 strip berukuran 8mm dan 1 strip 15 mm di bagian paling merupakan Kepala Proyek tersebut.

2. Helm Biru

Warna helm biru biasanya dipakai oleh supervisor lapangan dan operator teknis. Namun, terkadang helm biru juga dipakai oleh pengawas sementara di sebuah proyek. Untuk operator teknis contohnya, seperti teknisi listrik hingga tenaga ahli pada bangunan berkayu.

Selain mereka, biasanya helm biru ini juga dipakai di lapangan pada operator teknis alat-alat berat. Seperti halnya forklift, bulldozer, serta operator crane juga biasanya memakai helm warna biru ini. Jadi, bisa dikatakan pemakai helm warna biru ini merupakan mereka yang ahli di suatu bidang tertentu.

3. Helm Merah

Helm K3 warna apa? Para pekerja yang menggunakan helm merah mungkin akan jarang dijumpai. Akan tetapi, sebenarnya mereka memiliki peran yang sangat krusial. Nah, mereka ini adalah pengawas keamanan atau petugas safety unit Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Mereka yang memakai helm merah ini berperan dalam memeriksa dan memastikan bahwa sistem keselamatan sudah terpasang dengan benar. Selain itu, memastikan pula kalau sistem tersebut dapat berfungsi sesuai standar yang telah ditetapkan. Sehingga kecelakaan kerja dapat diminimalisir dengan optimal.

4. Helm Kuning

Nah, helm kuning ini biasanya akan mudah Anda jumpai di sebuah proyek. Sebab, helm kuning ini digunakan oleh para sub kontraktor atau pekerja umum di area proyek. Di mana, mereka akan terjun langsung ke dalam lapangan.

Para pekerja yang menggunakan helm kuning ini perlu diperlengkapi juga dengan APD lainnya. Salah satunya yaitu rompi berwarna cerah saat melakukan pekerjaannya di lapangan. Tentunya, hal tersebut diperlukan agar mereka lebih mudah terlihat ketika berada di area kerja. Sehingga dapat meminimalisir resiko terjadinya kecelakaan kerja.

5. Helm Hijau

Apa jabatan helm hijau? Helm warna hijau akan dipakai oleh para pekerja yang berhubungan dengan lingkungan. Seperti petugas kebersihan dan peneliti lingkungan atau pengawas lingkungan di area proyek. Sebenarnya ada alasan dan makna tersirat dibalik penggunaan helm warna hijau ini, yaitu ingin menyampaikan pesan Go Green.

6. Helm Orange

Warna helm oranye ini biasanya akan digunakan oleh para tamu proyek yang tengah datang berkunjung ke proyek tersebut. Tentunya tak hanya untuk pekerja saja. Bagi orang yang ingin masuk atau meninjau lokasi proyek juga harus menggunakan helm warna oranye ini.

Standar Pewarnaan Helm Safety

Nah, untuk perusahaan yang tidak bersinggungan dengan sektor konstruksi tentunya bisa saja memiliki standar pewarnaan yang berbeda dengan di atas. Mereka tidak harus mengikuti regulasi mengenai standar pewarnaan helm safety. Mereka dapat menggunakan hasil kesepakatan internal perusahaan untuk menentukan sendiri warna helm safety tersebut.

Penggunaan Helm Safety

Tentunya, dalam proses pewarnaan helm safety haruslah mempertimbangkan visibilitasnya. Jangan sampai para pekerja yang bekerja di area gelap, seperti di dalam terowongan malah diberikan helm yang berwarna hitam atau coklat. Pastinya, hal tersebut tidaklah tepat karena akan mengurangi visibilitasnya. Penggunaan APD seperti Helm safety ini tentu sebelumnya sudah dilakukan analisa terhadap bahaya dari pekerjaan tersebut atau yang kita kenal dengan istilah JSA (job safety analysis).

Nah, dengan menggunakan helm safety yang mencolok seperti warna kuning misalnya, pekerja dapat dengan mudah untuk diidentifikasi. Baik ketika yang bersangkutan diperlukan ataupun bila terjadi keadaan yang darurat. Maka dari itu, umumnya helm safety ini diberi dengan warna-warna yang mencolok.

Sudah paham kan Anda dengan arti warna helm safety ini? Dengan memahami arti warna helm safety, Anda jadi tahu apa peran dan pekerjaan yang mereka lakukan. Selain berguna untuk keselamatan, helm safety juga menunjukkan peran setiap pekerja di lapangan. Demi menjaga keselamatan pekerja, tentunya para pekerja juga dilengkapi dengan APD lainnya.

Post a Comment for "Yuk Ketahui Arti Warna Helm Safety Bagi Pekerja Lapangan"