Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Delapan Tips Dapatkan Beasiswa Kuliah

Ingin kuliah Gratis? Yuk coba delapan tips dapatkan beasiswa kuliah. Kesempatan untuk berkuliah secara gratis sebenarnya sangat mudah jika Anda mengetahui caranya. Salah satu cara yang paling banyak digunakan yaitu dengan mencari beasiswa. 

Akan tetapi tidak semua orang mengetahui bagaimana cara mendapatkan beasiswa secara penuh sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya kuliah yang jumlahnya tidak sedikit.

Berikut ini adalah tips mudah mendapatkan beasiswa untuk Anda lulusan sekolah menengah atas yang ingin melanjutkan ke jenjang kuliah.

Delapan Tips Dapatkan Beasiswa Kuliah

inilah delapan tips dapatkan beasiswa kuliah

Tips Mudah Mendapatkan Beasiswa

1. Mencari Informasi atau Melakukan Riset Mengenai Program Beasiswa

Banyak lembaga yang menyediakan beasiswa mulai dari pemerintah, lembaga pendidikan dan perusahaan-perusahaan. Umumnya beasiswa ada banyak sekali jenisnya. Contoh beasiswa dari pemerintah berupa Kartu Indonesia Pintar ataupun Bidikmisi. Sedangkan beasiswa dari perusahaan seperti Sampoerna yaitu private scholarship.

Universitas-universitas swasta biasanya juga sering menawarkan beasiswa untuk mahasiswa baru sehingga Anda harus sering-sering mencari informasi program beasiswa yang ada di universitas. Caranya bisa langsung menanyakan langsung ke pihak universitas ataupun bertanya kepada teman atau saudara yang memiliki pengalaman mendapat beasiswa.

Sebaiknya Anda harus selalu aktif mencari informasi tentang beasiswa karena jika tidak cepat biasanya kuota cepat sekali habis. Biasanya universitas-universitas ataupun kampus memiliki koneksi dengan pihak swasta dalam mengadakan kuliah gratis ini. Anda bisa bergabung dengan komunitas komuniyas pemburu beasiswa di sosial media atau memantau dan mencari informasi di internet maupun sosial media.Dan Anda bisa Mendownload Aplikasi Sejuta Cita Beasiswa dimana disana juga terdapat banyak informasi Beasiswa.

2. Pilih lah Beasiswa Yang Cocok dengan Anda

Untuk mendapatkan beasiswa Anda harus sesuaikan dengan universitas dan jurusan anda, terkadang beasiswa yang diberikan hanya berlaku untuk universitas dan jurusan tertentu. Jadi, kamu harus sesuaikan dengan universitas dan jurusan yang kamu pilih atau yang sedang Anda jalani saat ini.

3. Menyiapkan Nilai Akademik yang Mumpuni

Tiap-tiap jenis beasiswa biasanya memiliki standar nilai akademik yang berbeda. Beberapa diantaranya mengharuskan Anda untuk memiliki nilai akademik yang tinggi seperti beasiswa Sampoerna Foundation yang mengharuskan pesertanya memiliki nilai rata-rata minimal 70.

Jika Anda sudah menyelesaikan S1 dan ingin melanjutkan S2 bisa mengajukan beasiswa Kartu Indonesia Pintar kuliah dari pemerintah. Namun dengan syarat harus memiliki nilai akademik yang bagus dan aktif dalam kegiatan kampus.

4. Mempersiapkan Persyaratan yang Diminta

Supaya beasiswa yang Anda ajukan sesuai sebaiknya pelajari dulu syarat-syarat yang diberikan oleh penyelenggara beasiswa. Biasanya satu syarat umum yang berlaku untuk semua pendaftar beasiswa yaitu tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain selain yang akan didaftarkan. 

Calon penerima beasiswa biasanya juga harus melengkapi dokumen berupa SKCK, KTP, transkrip nilai, ijazah dan lainnya. Jika Anda memiliki sertifikat bisa dilampirkan untuk mendapat nilai tambah.

5. Memiliki Sertifikat Bahasa Inggris

Untuk para pejuang beasiswa, terutama beasiswa dari universitas luar negeri tentu sudah tidak asing dengan syarat ini karena rata-rata semua universitas di luar negeri mensyaratkan mahasiswanya fasih berbahasa Inggris. Pemburu beasiswa dalam negeri pun juga memiliki nilai lebih jika memiliki sertifikat bahasa Inggris. Oleh sebab itu sebisa mungkin Anda memiliki sertifikat bahasa Inggris seperti TOEFL, IELTS atau TOEIC.

Biasanya untuk beasiswa luar negeri, sertifikat yang diminta adalah IELTS Academic. Anda harus mencari tahu sejak jauh-jauh hari supaya bisa mempersiapkannya dan mendapatkan skor tinggi di sertifikat yang akan diajukan untuk program beasiswa.

6. Menentukan Jurusan dan Universitas

Banyak sekali mahasiswa yang merasa salah jurusan di tengah-tengah semester sehingga tidak sedikit dari mereka yang memilih berhenti atau pindah jurusan. Hal ini tentu saja akan membuat waktu, biaya dan tenaga terbuang sia-sia.

Oleh sebab itu hal ini jangan sampai terjadi pada Anda. Sebelum memutuskan untuk kuliah sebaiknya pilih matang-matang jurusan yang akan diambil dan universitas mana yang akan dituju. Jika jurusan dan universitas yang akan dituju sudah mantap dipilih maka selanjutnya cari tahu mengenai program beasiswa dan proses yang harus dilalui untuk mendapatkan beasiswa itu.

Simak ulasan terkait: Jurusan kuliah untuk jadi HR perusahaan

7. Menyiapkan Portofolio

Portofolio adalah salah satu syarat yang harus disiapkan oleh calon penerima beasiswa. Anda bisa mulai membuat portofolio dan CV yang baik dan menarik. Anda harus mengemas informasi mengenai data diri serapi mungkin dan serepresentative mungkin supaya pihak penyelenggara bisa membaca informasi mengenai data diri Anda secara mudah. Yang paling penting adalah portofolio harus relevan dengan jurusan kuliah incaran.

8. Memiliki Prestasi yang Terus Naik

Sebagian besar beasiswa yang ada baik dari pemerintah maupun non pemerintah adalah beasiswa prestasi. Oleh sebab itu Anda harus mempersiapkan prestasi sebaik mungkin jika ingin mendapat beasiswa.

Usahakan untuk selalu mencapai nilai akademik yang yang bagus dan stabil atau lebih baik lagi jika tiap semesternya selalu mengalami peningkatan. Prestasi akademik dan prestasi non akademik biasanya sering digunakan sebagai patokan apakah Anda layak untuk menerima beasiswa ataukah tidak.

Jenis-jenis Beasiswa yang Paling Populer

1. LPDP

LPDP adalah beasiswa pemerintah yang dibiayai melalui dana pengembangan Pendidikan Nasional dan untuk pembiayaan studi lanjut program magister dan doktoral di perguruan tinggi baik di dalam negeri maupun luar negeri. 

2. Bidik Misi

Bidikmisi adalah beasiswa dari menristekdikti yang sangat populer di kalangan mahasiswa karena beasiswa ini tidak membebankan biaya kuliah terhadap mahasiswa dari semester 1 sampai dengan semester 8. Namun beasiswa ini hanya dikhususkan untuk mahasiswa kurang mampu. Semua siswa yang memenuhi syarat dan sudah lulus SMA atau SMK bisa langsung mendaftar.

Beasiswa bahkan bisa diperoleh untuk mahasiswa yang masuk lewat jalur SBMPTN, SNMPTN ataupun jalur mandiri. Untuk persyaratan lebih lengkapnya Anda bisa mengakses website resminya Bidikmisi.

3. PPA

Beasiswa peningkatan prestasi akademik atau PPA diberikan oleh menristekdikti untuk para mahasiswa tingkat diploma ataupun sarjana. Mahasiswa berhak mendapatkan beasiswa sebesar Rp. 350.000 selama 1 tahun ajaran. Untuk syarat lengkapnya Anda bisa menanyakannya pada kemahasiswaan masing-masing universitas.

4. Djarum Beasiswa Plus

Djarum Beasiswa Plus merupakan salah satu beasiswa tertua di Indonesia karena sudah ada sejak 1984. Tentu saja beasiswa ini diperuntukkan bagi para mahasiswa berprestasi di Indonesia.

Selain mendapatkan beasiswa selama 1 tahun penuh, penerima beasiswa Djarum akan dibekali dengan soft skill yang berguna untuk pemimpin masa depan. Pelatihannya seperti character building, nation building, leadership development exposure dan competition challenge. Selain membekali dengan soft skill tersebut, beasiswa Djarum juga memberi kesempatan untuk para penerima beasiswa menerapkan keterampilan yang sudah didapat.

5. Beasiswa Sampoerna Foundation

Selain memberikan beasiswa untuk siswa sekolah menengah pertama, Sampoerna Foundation juga memberikan beasiswa untuk para siswa-siswi yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi.

Karena beasiswa Sampoerna Foundation menyasar siswa-siswi berprestasi maka penerimanya harus merupakan orang yang memiliki semangat tinggi dalam membangun negeri. Mahasiswa penerima beasiswa akan mendapatkan biaya kuliah selama 8 semester, uang saku, tunjangan buku dan tunjangan internet.

6. MEXT Scholarship

MEXT Scholarship adalah beasiswa yang disediakan oleh pemerintah Jepang untuk Anda yang ingin melanjutkan kuliah S1 dan S2 di Jepang. Beasiswa ini tidak mengharuskan Anda mahir berbahasa Jepang saat mendaftar. Namun Anda sebaiknya menguasai bahasa Jepang dasar. Ada tiga macam beasiswa MEXT yaitu Specialized Training College (Sensu), College of Technology (Kosen) dan Undergraduate (Gakubu).

Beasiswa MEXT mencakup biaya kuliah sepenuhnya, tunjangan hidup kurang lebih 15 juta perbulan, tiket pesawat pulang pergi Indonesia Jepang dan bebas biaya pengurusan visa belajar.

Demikian ulasan selengkapnya tentang delapan tips dapatkan beasiswa kuliah bagi Anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi. cari informasi beasiswa sebanyak-banyaknya dan persiapkan diri Anda untuk meraih dan berkesempatan mendapatkan beasiswa tersebut. Terimakasih telah berkunjung ke Dedimuliadi.com dan semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Delapan Tips Dapatkan Beasiswa Kuliah"