Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Surat Pengalaman Kerja - Contoh Dan Cara Membuatnya

Surat pengalaman kerja menjadi surat yang sangat penting saat ingin mencari pekerjaan yang baru. Biasanya Anda sudah bisa meminta atau mendapatkan surat pengalamaan kerja dari HRD atau personalia perusahaan ketika mencapai suatu masa kerja. Hal ini tentu berlaku untuk Anda yang sudah bekerja di lebih dari satu perusahaan. Lantas bagaimana cara membuat surat pengalaman kerja? Bagaimana contohnya?

Surat pengalaman kerja sendiri berbeda dengan surat riwayat hidup dimana Anda bisa membuatnya sendiri. Untuk surat pengalaman kerja yang sah dan dipercaya, haruslah surat yang menyatakan bahwa Anda pernah bekerja yang dibuat oleh HRD perusahaan sebagai tempat Anda bekerja dulu. Jadi setelah resign, Anda bisa meminta HRD perusahaan sebelumnya apakah bisa dibuatkan surat pengalaman kerja.

Pembuatan surat pengalaman kerja harus sesuai dengan fungsinya. Sebagai berikut kita akan membahas hal hal yang perlu Anda ketahui dalam pembuatan surat pengalaman kerja. Yuk mari disimak.

Surat Pengalaman Kerja - Contoh Dan Cara Membuatnya

contoh gambar surat pengalaman kerja 

1. Kop surat

Sebagaimana yang kita tahu kop surat memiliki fungsi yang sangat penting, dimana akan menjadi keterangan identitas lembaga atau perusahaan yang membuat atau menerbitkan surat pengalaman kerja tersebut. Saat membuat surat pengalaman kerja, surat tersebut harus dibuat dengan kop surat. Dengan demikian surat bisa nampak profesional.

Kop surat mencangkup beberapa informasi yang lengkap mulai dari nama perusahaan tempat sebelumnya bekerja, alamat lengkap kantor, nomor telepon perusahaan sampai dengan email dan nomor telepon.

2. Nama dan Nomor Induk Karyawan

Dalam proses pembuatan surat pengalaman kerja si pembuat harus mencantumkan nama lengkap karyawan beserta nomor induk karyawan yang dimilikinya di dalam surat pengalaman kerja tersebut.

Hal ini sangat penting untuk diperhatikan. Mengapa sangat penting? Karena informasi ini nantinya akan sebagai  identitas resmi yang dikeluarkan oleh pihak perusahaan.

3. Periode Kerja dan Jabatan

Komponen lainnya yang juga sangat penting untuk diperhatikan dalam pengisian surat pengalaman kerja adalah harus ada periode kerja dan jabatan yang dimuat. Dengan demikian bisa melengkapi tujuan dari pembuatan surat pengalaman kerja itu sendiri yakni sebagai bukti kalau karyawan telah bekerja di perusahaan tersebut dalam masa periode tertentu dengan menjabat suatu posisi di perusahaan tersebut.

Dan apabila ada lowongan diperusahaan lainnya dengan posisi yang sama maka akan menjadi alasan penguat untuk dapat diterima.

4. Pengesahan

Surat pengalaman kerja harus bersifat sah dan tidak dibuat buat sendiri. Oleh sebab itu, supaya keabsahannya ini bisa terjamin dan terpercaya, HRD perusahaan sebagai bagian perusahaan yang bertanggung jawab akan hal ini harus membubuhkan tanda tangan sejumlah orang yang memiliki wewenang atau kuasa di dalam perusahaan sebagai pemimpin dari perusahaan itu sendiri.

Bagian ini juga biasanya akan di berikan stempel resmi oleh perusahaan sebagai bukti persetujuan dengan mengatasnamakan perusahaan. Dengan pengesahan yang baik dan benar, barulah bisa disebut sebagai surat pengalaman kerja.

5. Menggunakan bahasa baku dan sopan

Secara keseluruhan surat pengalaman kerja harus dibuat dengan menggunakan bahasa yang baku dan juga sopan. Tidak hanya baku dan sopan, namun hendaknya penggunaan bahasa harus mudah dimengerti. Untuk itu hindari pengunaan kata yang kurang menarik dan bertele tele. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan, karena surat pengalaman kerja juga mencerminkan tingkat profesional perusahaan yang membuatnya.

Uraian diatas adalah informasi terbaru yang membahas tentang bagaimana fungsi surat pengalaman kerja itu sendiri dan hal hal yang perlu Anda ketahui terkait proses pembuatan surat pengalaman kerja yang dibuat oleh HRD Perusahaan.

Surat pengalaman kerja juga bisa menjadi bekal seorang karyawan untuk mengetahui skill dan kemampuan dibidang pekerjaan yang pernah ia tekuni tersebut serta sebagai salah satu penyebab surat lamaran kerja tidak diproses HRD jika pelamar tidak memiliki surat pengalaman kerja . terimakasih dan semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Surat Pengalaman Kerja - Contoh Dan Cara Membuatnya"