Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pelatihan Karyawan: Manfaat Serta Metode Pelaksanaan

Seberapa penting sih program pelatihan bagi karyawan? 

Terlebih, jika saat ini fokus perusahaan adalah untuk meningkatkan profit ataupun menstabilkan bisnisnya. Pastinya, masih ada banyak hal lainnya yang perlu diprioritaskan lagi oleh perusahaan.

Namun pelatihan karyawan juga merupakan sebuah program pengembangan sumber daya manusia yang tentunya akan memberikan manfaat bagi karyawan untuk berkarir di perusahaan serta untuk kemajuan perusahaan.

Lantas, Apa yang Dimaksud Dengan Pelatihan Karyawan?

Nah, pada pembahasan berikut akan kita ulas yaitu tentang pelatihan karyawan, manfaat pelatihan, serta metode pelatihan karyawan.  

Pelatihan Karyawan: Manfaat Serta Metode Pelaksanaan

Contoh Gambar Pelatihan Karyawan

Pelatihan karyawan adalah merupakan program yang dirancang untuk meningkatkan keterampilan para karyawan. Baik itu dari segi pengetahuan, teknis, efisiensi, maupun penciptaan nilai dalam melakukan pekerjaan tertentu. Dari pelatihan tersebut diharapkan dapat meningkatkan keahlian yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Manfaat Pelatihan Karyawan

Tentunya, program pelatihan karyawan ini memiliki manfaat positif jika dilakukan dengan benar. Lalu, apa saja manfaatnya? Nah, berikut ini adalah beberapa keuntungan dan tujuan pelatihan karyawan.

1. Memperbaiki dan mengatasi Kelemahan Karyawan

Pelatihan karyawan ini memberikan kesempatan bagi karyawan untuk menciptakan skill yang dibutuhkan karyawan tersebut. Pelatihan ini juga dapat berguna untuk memperluas pengetahuan karyawan. Dari pelatihan ini diharapkan para karyawan dapat saling mengisi untuk karyawan lain dan menyelesaikan tugas apapun dengan lebih efisiensi lagi.

2. Meningkatkan Kinerja Karyawan

Bagi karyawan yang memperoleh pelatihan secara konsisten akan mengasah keterampilannya sehingga dapat meningkatkan produktivitasnya. Dari program pelatihan ini, para karyawan akan menjadi fasih pada praktek dan prosedur kerjanya. Selain itu, program ini juga bisa meningkatkan rasa percaya diri para karyawan menjadi lebih baik. 

3. Menciptakan Reputasi yang Baik Untuk Perusahaan

Perusahaan yang memiliki program pelatihan karyawan dan konsisten melaksanakannya dapat menciptakan brand yang baik untuk perusahaan tersebut. Sehingga, dapat menjadi opsi utama untuk para calon karyawan dengan skill tinggi dibandingkan memilih perusahaan pesaingnya. Sebuah perusahaan yang mau mendidik para karyawannya menjadi terlihat jauh lebih menarik lagi untuk calon karyawan perusahaan.

4. Inovasi

Karyawan yang memperoleh program latihan untuk meningkatkan keterampilan secara konsisten dapat membantu menumbuhkan kreativitasnya. Dengan pelatihan tersebut, dapat menjadikan karyawan agar lebih mandiri serta lebih kreatif. Sehingga mereka dapat menghadapi setiap tantangan dan kesulitan dari pekerjaan yang mereka kerjakan.

5. Sumber Daya "Permanen"

karyawan yang memperoleh pelatihan secara konsisten akan menjadi seorang yang kompeten atau ahli dibidang nya. Ilmu dan keahlian yang diperoleh tersebut tentu akan berdampak positif terhadap kemajuan perusahaan. bahkan ilmu dari karyawan tersebut tetap dapat dirasakan perusahaan walaupun karyawan  tersebut telah pensiun.

kenapa bisa demikian?. Nah, ini lah yang dikatakan karyawan yang kompeten atau ahli dibidangnya itu disebut dengan sumber daya "permanen". Artinya karyawan tersebut adalah sumber daya yang tidak habis alias "permanen" walaupun sudah pensiun sekalipun. Karena ilmu dan keahlian yang dimilikinya bisa diwariskan ke karyawan lainnya sebelum masa pensiun tiba.

Metode Pelatihan Karyawan

Di zaman yang serba canggih saat sekarang ini banyak metode dan cara untuk melakukan pelatihan baik itu pelatihan online maupun pelatihan offline. Ada beberapa metode pelatihan karyawan yang bisa dilakukan oleh sebuah perusahaan, diantaranya adalah:

1. Metode Pelatihan dengan Instruktur

Metode ini merupakan jenis pelatihan karyawan tradisional yang terjadi di ruang kelas. Di sini, instruktur dapat menjawab setiap pertanyaan karyawan dengan memberi solusinya. Metode ini juga memungkinkan instruktur yang sangat terampil untuk mencocokkan tingkat pelatihan dan gaya pelatihan yang sesuai kepada karyawan.

2. Metode Studi Kasus

Metode studi kasus dapat menjadi solusi cepat bagi karyawan untuk belajar tentang masalah di tempat kerjanya. Di sini, karyawan akan dengan mudah untuk langsung mengetahui masalah yang ada di tempat kerjanya. Dengan begitu, insting mereka akan lebih cepat terasah. Selain itu, studi kasus merupakan pilihan yang bagus dengan topik yang terfokus. 

3. Metode Role-Playing

Role-playing atau pelatihan peran ini secara khusus meminta karyawan untuk bekerja sama seperti posisinya. Karyawan akan belajar untuk melihat permasalahan dari sudut pandang yang berbeda. Dengan begitu, diharapkan karyawan dapat mengambil solusi yang paling tepat untuk menyelesaikan sebuah masalah.

4. Metode Pelatihan Langsung

Metode ini mencakup pelatihan dan pengembangan pengalaman yang dimiliki oleh karyawan tersebut. Dengan pelatihan ini, diharapkan dapat membantu karyawan untuk mudah menyesuaikan diri dengan peran mereka. Keuntungan dari pelatihan ini adalah dapat dilakukan langsung di tempat kerjanya.

5. Metode Diskusi dan Kegiatan Kelompok

Diskusi dan kegiatan kelompok dapat memberikan opsi pelatihan yang optimal. Hal ini memungkinkan banyak karyawan untuk berlatih sekaligus di lingkungan yang lebih sesuai. Metode pelatihan ini sangat cocok untuk tantangan kompleks yang membutuhkan pendekatan kolaboratif.

Meskipun setiap pelatihan karyawan memiliki sisi kelemahannya tersendiri, namun manfaat yang akan diperoleh perusahaan juga sangat lah besar. Keberhasilan dari pelatihan karyawan dapat dilihat dari pencapaian kinerja melalui hasil penilaian atau performance appraisal. Pastinya, dengan metode pelatihan yang tepat sasaran. Sehingga, dana yang telah dikeluarkan tidak akan terbuang sia-sia melainkan dapat menjadi sebuah investasi yang bernilai tinggi bagi perusahaan.

Semoga bermanfaat dan terimakasih.

1 comment for " Pelatihan Karyawan: Manfaat Serta Metode Pelaksanaan"

  1. AnonymousMay 27, 2022

    mantap
    terus semangat untuk saling berbagi pengalaman

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dan saling berbagi Pengalaman,
Terimakasih.