Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tertarik Bekerja Sebagai HSE? Inilah Tugas Dan Tanggung Jawabnya

Bekerja di suatu perusahaan besar merupakan salah satu hal yang diminati oleh kebanyakan orang. Tentunya dalam sebuah perusahaan terdapat beberapa bagian atau divisi yang bisa Anda pilih, ya salah satunya adalah menjadi bagian dari divisi HSE.

Nah, sebelum menjadi salah satu bagian dari divisi ini, Anda harus mengetahui terlebih dahulu mengenai apa itu HSE, tugas dan tanggung jawab HSE dan segala hal tentang divisi ini. Memiliki pengetahuan yang lebih mengenai pekerjaan yang akan dilakukan sangatlah penting bukan? Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai bidang ini, yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Pada umumnya dalam sebuah perusahaan terdapat berbagai macam divisi atau bagian. Hal ini bertujuan agar sebuah perusahaan bisa berjalan dengan lancar. Salah satu divisi yang terpenting dalam suatu perusahaan adalah bagian HSE.

Tertarik Bekerja Sebagai HSE? Inilah Tugas Dan Tanggung Jawabnya 

bekerja sebagai HSE ketahui tugas dan fungsinya

Pengertian HSE

HSE sendiri merupakan singkatan dari health, safety and environment yang berarti suatu rangkaian prosedur dan proses untuk mengidentifikasi bahaya dalam lingkungan kerja. Tentunya praktek pada divisi ini dilakukan untuk mengantisipasi dan mengurangi terjadinya kecelakan kerja.

Sistem manajemen pada divisi ini berpatok dalam bidang keselamatan, kesehatan serta lingkungan di area kerja. Salah satu perusahaan yang sangat membutuhkan divisi HSE adalah Industri Manufaktur. Hal ini disebabkan karena perusahaan tersebut memiliki tingkat kecelakaan kerja tinggi akibat banyaknya mesin dan peralatan lain yang cukup berbahaya.

Apa perbesaan K3 dan HSE? Di Indonesia sendiri divisi ini dikenal dengan sebutan K3 atau bisa juga disebut dengan keselamatan dan kesehatan kerja. Dalam perkembangannya K3 atau HSE ini sudah menjadi salah satu bagian khusus yang harus ada pada sebuah perusahaan.

Hal ini bertujuan agar sebuah perusahaan dapat memastikan pengelolaan keselamatan , kesehatan dan suasana lingkungan kerja secara umum. Biasanya divisi ini selalu berkoordinasi dengan departemen SDM. Pasalnya, divisi ini sangat erat hubungannya dengan keselamatan para karyawan di lingkungan kerja.

Tugas Dan Tanggung Jawab HSE

Seperti yang sudah Anda ketahui, bahwa HSE atau K3 ini merupakan salah satu divisi yang sangat penting dalam perusahaan. Tentunya bagian ini juga memiliki job description tersendiri lho.

Oleh karenanya bagi Anda yang berminat untuk menjadi salah satu bagian dari anggota HSE harus mengetahui lebih luas mengenai tugas dan tanggung jawab HSE. Nah, beberapa tugas serta tanggung jawabnya diantaranya seperti:

  • Memberi penyuluhan terkait kondisi tanggap darurat (persoalan listrik, kebakaran dan lain-lain)

  • Memberikan panduan untuk karyawan lain mengenai tata cara penanganan kondisi darurat dasar

  • Melaksanakan tugasnya disertai dengan komitmen kemanusiaan yang tinggi

  • Menyiapkan diri secara mental dan fisik dalam menangani segala situasi dengan cepat dan tepat

Fungsi HSE

Setiap pengusaha atau pemilik perusahaan tentunya harus bisa melindungi seluruh pekerjanya dari berbagai hal yang berbahaya. Tentu saja pemilik perusahaan sangat membutuhkan pengelola HSE yang baik dan bertanggung jawab atas pekerjaannya, sehingga sistemmanajemen keselamatan dan kesehatan kerja pada perusahaan tersebut dapat berjalan sebagaimana yang diharapkan oleh perusahaan.

Hal ini dikarenakan divisi ini merupakan salah satu bagian yang bertanggung jawab atas keselamatan dan kesehatan para karyawan di tempat kerja. Sehingga anggota dari bagian HSE bisa langsung bergerak cepat untuk mengatasi semua masalah yang akan timbul seperti kecelakaan kerja dan lain-lain.

Bagi Anda yang ingin menjadi salah satu bagian dari anggota divisi ini juga harus mengetahui beberapa syarat umum akan adanya HSE dalam sebuah perusahaan. Beberapa syarat umum HSE ini sudah tercantum dalam UU No. 1 tahun 1970 tentang keselamatan kerja, isinya yakni seperti:

  • Syarat - syarat keselamatan kerja

  • Pengawasan

  • Pembinaan

  • Panitia pembina keselamatan dan kesehatan kerja

  • Kecelakaan

  • Kewajiban dan hak tenaga kerja

  • Kewajiban bila memasuki tempat kerja

  • kewajiban pengurus

Pada umumnya divisi ini juga mempunyai tugas pokok agar hal-hal seperti di atas bisa berjalan dengan lancar. Sedangkan tanggung jawab utama bagian HSE adalah menjalankan serta mengelola proses K3 menggunakan standar operasional yang sudah ditetapkan oleh perusahaan.

Nah, HSE atau K3 biasanya memiliki divisi tersendiri dan dipimpin oleh seorang manajer. Hal ini dilakukan agar HSE atau K3 pada suatu perusahaan dapat menjalankan fungsinya secara maksimal.

Divisi HSE juga memiliki beberapa fungsi penting untuk sebuah perusahaan lho. Bagi Anda yang penasaran mengenai apa saja fungsi HSE, berikut beberapa diantaranya seperti:

1. Mencegah penurunan atau hilangnya pendapatan

Pada divisi HSE sangatlah penting untuk mengelola dan menerapkan sistem operasional yang baik. Tentunya apabila divisi ini bisa dijalankan dengan sebagaimana mestinya, penurunan income hingga hilangnya pendapatan pada suatu perusahaan tidak akan terjadi.

Pemilik usaha juga harus turut berkontribusi dalam mengembangkan divisi ini. Dengan demikian pemilik usaha akan mendapat banyak keuntungan seperti mengurangi terjadinya kerusakan alat, meminimalisir terjadinya kerugian perusahaan akibat kecelakaan kerja dan lain-lain.

2. Mencegah kecelakaan yang menyebabkan cedera fisik

Dalam suatu perusahaan besar seperti perusahaan manufaktur, HSE sangatlah penting untuk diterapkan. Pasalnya banyak sekali mesin dan alat berbahaya lainnya yang digunakan oleh para karyawan.

Dengan adanya divisi yang satu ini kecelakaan kerja yang dapat menyebabkan cedera fatal pada fisik seseorang bisa diminimalisir. Sehingga perusahaan yang dikelola bisa berjalan dengan lancar dan aman.

3. Meningkatkan kepercayaan karyawan

Sebuah perusahaan yang sudah menerapkan K3 dengan baik akan membuat para pekerja menjadi lebih nyaman dan aman. Dengan demikian para pekerja dapat meningkatkan kualitas kerja tanpa rasa takut akan kecelakaan kerja yang terjadi.

Sebuah perusahaan tentunya memiliki beberapa divisi yang harus dijalankan dengan baik. salah satu divisi yang terpenting dalam sebuah perusahaan adalah bagian HSE. Seperti yang sudah dijelaskan di atas mengenai fungsi HSE, tugas dan tanggung jawab HSE serta pengertian HSE. kini, Anda tidak perlu ragu lagi untuk menjadi salah satu bagian dari divisi ini.

demikian ulasan selengkapnya tentang tugas dan tanggung jawab bekerja sebagai HSE atau K3. Terimakasih telah berkunjung ke Dedimuliadi.com dan semoga dapat memberikan manfaat.

Post a Comment for "Tertarik Bekerja Sebagai HSE? Inilah Tugas Dan Tanggung Jawabnya"