Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Format Laporan yang dibutuhkan HRD

Salah satu tugas penting yang dimiliki oleh HRD dalam sebuah perusahaan adalah menyusun laporan setiap bulan. Jika Anda baru mengenal apa itu HRD dan tugasnya dalam perusahaan, Anda juga perlu tahu jenis format atau contoh laporan apa sajakah yang dibutuhkan oleh HRD sebagai salah satu bagian yang penting di dalam perusahaan.

Tim HRD merupakan tim yang memang sangat penting dalam proses operasional perusahaan. Mereka memiliki skill, kemampuan, dan keterampilan yang berkualitas untuk mengatur segala hal yang berkaitan dengan para karyawan.

Inilah alasan mengapa tim HRD sebenarnya harus benar benar memahami tugas dan fungsi mereka sendiri di dalam perusahaan.

Format Laporan yang dibutuhkan HRD

contoh gambar format laporan HRD

Untuk memahami terkait tugas tugas HRD dalam pembuatan laporan, mari kita bahas beberapa diantaranya pada uraian sebagai berikut : 

Recruitment & Headcount

Laporan tentang Recruitment adalah berkaitan dengan kegiatan penerimaan karyawan, mulai dari menyusun perencanaan karyawan (manpower planning) sesuai kebutuhan perusahaan, hingga pelaksanaan pemenuhan kebutuhan karyawan yang dilakukan melalui rekrutmen, dan termasuk laporan lulus masa percobaan.

Sedangkan Headcount merupakan laporan yang berkaitan dengan update  jumlah karyawan, status karyawan, pendidikan, usia dan data lainnya yang berkaitan dengan database karyawan.

Training & Development

Laporan yang berkaitan dengan kegiatan training dan pengembangan kualitas SDM mulai dari perencanaan, pelaksanaan training, hingga laporan terhadap return of investment (ROI) dari pelaksanaan training tersebut.

Agar pelaksanaan training efektif dan tepat sasaran, sebelumnya HRD sudah memiliki data pemetaan kompetensi yang dimiliki masing masing karyawan.

Training yang efektif dapat memberikan manfaat bagi karyawan dalam mempersiapkan diri untuk Jenjang Karir kedepannya.

Compensation & Benefit

Tahukah Anda laporan gaji yang diterima oleh para karyawan dalam sebuah perusahaan sebenarnya tidak hanya menguntungkan bagi karyawan saja. Melainkan perusahaan juga akan mendapatkan manfaat dari laporan tersebut.

Laporan gaji karyawan akan sebagai pembukuan dari keuangan di dalam perusahaan yang nantinya akan diperlukan bagi tim departemen keuangan yang akan menghitung semua biaya termasuk biaya beban pajak penghasilan sampai dengan laporan keuangan di dalam perusahaan yang bisa diprediksi untuk beberapa bulan kedepan.

Selain dari laporan gaji ada juga laporan lembur, BPJS ketenagakerjaan dan BPJS kesehatan dan laporan lainnya tentang benfit yang diperoleh karyawan.

Laporan ini juga dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi dan menjadi acuan terhadap kesejahteraan karawan dan menjadi gambaran dalam membuat struktur dan skala upah.

Hubungan Industrial

Ada beberapa laporan yang dapat disajikan terkait dengan hubungan industrial diantaranya yaitu:

  1. Laporan kehadiran, izin atau sakit

    Laporan ini mencangkup secara lengkap terkait kapan waktu seorang karyawan mengambil izin atau sakit lengkap dengan alasannya, dari laporan ini akan dapat tergambarkan produktivitas karyawan tersebut.

  2. Laporan Cuti 

    Setiap karyawan dalam perusahaan biasanya akan mendapatkan hak cuti dalam setiap tahunnya. Entah itu adalah cuti hari raya, cuti bersama atau jumlah cuti yang diberlakukan oleh perusahaan. Nah, pihak HRD memiliki tanggung jawab untuk mengontrol cuti para karyawan dalam laporan cuti.

Dari laporan ini akan memperlihatkan kecenderungan karyawan memilih hari atau tanggal untuk cuti. Dengan laporan ini para karyawan juga bisa melihat kapan waktu mereka bisa melakukan cuti kembali mungkin setelah menghabiskan waktu cuti tersebut.

Setiap penyajian laporan sebaiknya menampilkan data data yang menyajikan data dua atau tiga bulan sebelumnya hal ini dapat memudahkan dalam melihat perbandingan data laporan dari bulan sebelumnya. dan disertai dengan grafik dan diagram sehingga memudahkan untuk pembaca,

Demikianlah informasi yang sudah kita bahas tentang bagaimana contoh format laporan yang dibutuhkan HRD  atau yang perlu mereka kerjakan setiap bulannya. Berbagai jenis laporan yang sudah kita bahas ini tidak hanya sebagai bukti tertulis terkait kinerja para karyawan tetapi juga sebagai manajemen informasi yang memperlihatkan perkembangan di masing masing departemen dalam perusahaan. Terimakasih dan semoga bermanfaat.


Post a Comment for "Contoh Format Laporan yang dibutuhkan HRD"