Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Yuk Simak Apa Pentingnya Fungsi Industrial Relations Pada Masing – Masing Pihak Untuk Menciptakan Hubungan Harmonis Terhadap Pekerja

Kebanyakan dari para pekerja masih belum paham mengenai perkembangan industrial relation atau yang biasa dikenal hubngan industrial. Para praktisi dunia kerja sangat mengerti hubungan industrial ini untuk lebih menuntut dalam memahami dan cepat beradaptasi dengan kondisi yang ada. Tujuan adanya  industrial relation lebih mengacu kepada hubungan harmonis dan berkelanjutan dalam dunia kerja.

Hubungan industrial dapat dibagi menjadi dua yaitu hubungan formal dan hubungan informal yang menjadi subjek adalah pemberi kerja dan pekerja. Ada tujuh prinsip hubungan industrial dalam dunia kerja menurut Payaman J. Simanjuntak. Prinsip tersebut berupa kepentingan bersama melingkupi kemitraan sampai kesejahteraan bersama untuk kelangsungan perusahaan.

Payaman J. Simanjuntak juga menyebutkan sarana yang menjadi pendukung dengan ada adanya hubungan industrial. Sarana tersebuat ialah para pekerja, organisasi, lembaga, dan peraturan ataupun perjanjian. Tapi perlu anda pahami juga mengenai fungsi dari masing – masing pihak dalam hubungan industrial.

Yuk Simak Apa Pentingnya Fungsi Industrial Relations Pada Masing–Masing Pihak Untuk Menciptakan Hubungan Harmonis Terhadap Pekerja

contoh gambar pentingnya fungsi industrial relations

Pemerintah Sebagai Pemberi Kebijakan Dalam Industrial Relation

Pemerintah Indonesia dalam upaya meningkatkan taraf hidup ekonomi dalam suatu individu maupun kelompok mempunyai sifat yang komplementer. Dalam suatu negara pemerintah menjadi salah satu pelaku ekonomi yang mempunyai fungsi. Fungsi tersebut berupa stabilisasi, distribusi dan alokasi dalam dunia perekonomian.

Sama halnya dengan hubungan industrial pada setiap perusahaan pemerintah berperan aktif dalam menetapkan kebijakan dalam suatu perusahaan. Kebijakan tersebut mengikat seluruh organisasi termasuk juga para pekerja pada perusahaannya. Tidak hanya itu peran fungsi pemerintah juga memberikan pelayanan, melakukan pengawasan dan menindaklanjuti pelanggaran – pelanggaran yang tidak sesuai dengan peraturan perundang–undangan. 

Organisasi Perusahaan Dalam Menciptakan Kesejahteraan Bagi Pekerja

Dalam menciptakan kesejahteraan perusahaan, organisasi sangat berperan penting dalam menciptakan suatu pelayanan yang maksimal bagi para pekerjanya. Kesejahteraan dalam suatu perusahaan ada perencanaannya dan juga pengkoordinasiannya secara demokrasi. Sehingga kesejahteraan tidak hanya bagi para petinggi saja tetapi kesejahteraan akan merata.

Tidak hanya itu Peran serta organisasi dalam suatu perusahaan memiliki fungsi mensejahterahkan perusahaan itu sendiri melalui kemitraan dengan perusahaan lainnya. Sehingga perusahaan dapat berkembang serta dapat memperluas lapangan pekerjaan. Untuk itu kesejahteraan ini sangat penting bagi pekerja, kemitraan yang secara demokratis serta berkeadilan.

Pekerja, Buruh dan Serikat Kerja Sebagai Yang Menjalankan Pekerjaan.

Hubungan industrial memang sangat penting penerapannya dalam perusahaan apapun itu jenis pekerjaannya. Sebab pendirian suatu perusahaan tidak hanya melulu tentang organisasi yang berada dalamnya tetapi juga para pekerjanya juga. Perusahaan tanpa adanya pekerja tidak akan berjalan dengan sebagaimana mestinya.

Dengan adanya hubungan industrial pekerja memiliki fungsi yaitu melaksanakan setiap kewajiban yang telah ada dan ditetapkan oleh pemerintah ataupun perusahaan. Menjaga ketertiban saat melaksanakan pekerjaan demi kelangsungan perusahaan. Selain itu para pekerja dapat menyalurkan segala aspirasi terhadap perusahaan secara demokrasi. Hal ini tentunya dapat membuat karyawan tenang serta nyaman dalam pengembangan karir diperusahaan.

Untuk itu pentingnya suatu industrial relation pada setiap perusahaan dapat memberikan kesejahteraan terhadap organisasi dan pekerja yang berada pada perusahaan. Maka hubungan industrial yang berkeadilan serta harmonis sangat amat penting penerapannya. Hubungan industial ini tidak hanya untuk para pekerja saja tetapi juga untuk kelangsungan hidup dan terus bergerak suatu perusahaan untuk dapat bersaing dengan kompetitor lainnya.

Hubungan industrial yang harmonis pada masing - masing pihak akan menciptakan lingkungan dan suasana kerja yang aman dan nyaman, serta  dapat meningkatkan produkstivitas kerja. Sehingga perusahaan tersebut akan dapat tumbuh serta berkembang yang nantinya berpengaruh terhadap peningkatan kesejahteraan para pekerja di perusahaan tersebut.

Demikian ulasan lengkap tentang pentingnya fungsi Industrial Relation pada  masing – masing pihak untuk menciptakan hubungan yang harmonis. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Yuk Simak Apa Pentingnya Fungsi Industrial Relations Pada Masing – Masing Pihak Untuk Menciptakan Hubungan Harmonis Terhadap Pekerja"