Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Jenjang Karir seorang HRD di Dalam Perusahaan

Jenjang karir dalam sebuah pekerjaan yang ditekuni diperusahaan merupakan hal yang sangat layak untuk dipertimbangkan. Anda bisa memikirkan bagaimana diri Anda bisa ikut berkembang dan maju dalam perusahaan. 

Masing masing jabatan di dalam perusahaan sendiri memiliki jenjang karir yang berbeda beda. Misalnya, jika sekarang Anda menjabat sebagai seorang HRD atau Personalia, apa jenjang karier yang Anda miliki? HRD atau Human Resources Department merupakan salah satu bagian yang penting di dalam perusahaan. 

Tugas dan tanggung jawab yang dimilikinya adalah untuk mengelola sekaligus mengembagkan kualitas sumber daya manusia dalam suatu korporasi. Mereka tidak hanya bertugas untuk merekrut karyawan tetapi melakukan banyak tanggung jawab yang berkaitan dengan kesejahteraan karyawan.

7 Jenjang Karir seorang HRD

 contoh gambar 7 jenjang karir HRD perusahaan

Lantas, apa saja jenjang karier seorang HRD di dalam sebuah perusahaan yang bisa Anda ketahui? Cobalah simak informasi singkat dan jelasnya di bawah ini :

1. Welfare Staff

Welfare Staff merupakan salah satu bagian HR yang memiliki tugas penting beberapa diantaranya adalah membuat dan menyusun laporan dana beserta iuran pensiun.

Lalu Welfare Staff juga akan bertanggung jawab dalam mengecek semua urusan yang berhubungan dengan izin dan sakit para karyawan serta memberikan dana pengganti atau kompensasi kepada yang bersangkutan.

2. Payroll Staff

Tugas dari Payroll Staff sedikit banyak hampir sama dengan tugas Welfare staff. Namun, perbedaannya adalah pada Payroll Staff yang memiliki kefokusan untuk mengurus permintaan izin cuti atau kalau ada pertukaran shift jam kerja bagi para karyawan di dalam perusahaan serta membantu dalam hal pengurusan administrasi dan arsip HRD.

3. General Affair Supervisor

Menangani segala urusan perusahaan yang berkaitan dengan kegiatan kantor berupa sarana dan prasarana, Menjalin hubungan dengan vendor atau supplier mitra perusahaan. Menyusun laporan keuangan dan beban biaya kantor untuk kemudian dipresentasikan pada saat rapat anggaran

4. Human Resources of Department Recruitment

Tugas dari Human Resources of Department Recruitment adalah Membantu manajer HRD merekrut SDM baru agar mendapatkan calon Pekerja baru sesuai dengan Kompetensi yang dibutuhkan.

Adapun tugas dan tanggung jawab bagian Human Resources of Department Recruitment adalah menyusun SOP untuk proses rekrutmen, memasang iklan lowongan kerja, melaksanakan psikotes dan wawancara kerja terhadap calon karyawan, menyiapkan kontrak dan perjanjian kerja untuk calon karyawan, menyusun laporan kerja berupa rekapitulasi data, promosi, serta status karyawan termasuk segala urusan administrasinya.

5. Training and Development Supervisor

Training and Development Supervisor. Tahukah Anda dalam dunia HR itu sendiri, supervisor akan ditempatkan secara khusus untuk menangani divisi Training and development. Apa saja tugasnya? 

Beberapa diantaranya adalah mengarahkan dan memberikan training untuk para karyawan baru perusahaan, mengadakan acara seminar tahunan untuk meningkatkan etos kerja para karyawan serta terampil dalam menyusun laporan keuangan yang berkaitan dengan kegiatan training itu sendiri.

6. Compensation and Benefit Supervisor

Nah, pada bagian Compensation and Benefit Supervisor. Tugasnya adalah untuk merawat semua aset dan fasilitas perusahaan yang ada termasuk rumah dinas, transportasu, telepon, komputer dan lain sebagainya sesuai dengan kebijakan korporasi. 

Selain itu, bagian dalam HR ini juga akan mengawasi proses penggajian karyawan dengan berpaut pada pedoman data yang akurat dan tepat waktu sesuai dengan ketentuan kontrak kerja.

7. Human Resources of Department Manager

Selanjutnya adalah jenjang karir sebagai seorang HRD Manajer yang memiliki beberapa tugas yang sangat penting. Beberapa diantaranya adalah mengawasi, mengontrol sekaligus melakukan evaluasi terhadap biaya operasional perusahaan supaya tepat efektif dan efesien. 

Fungsi lainnya adalah untuk melakukan seleksi dan promosi terhadap kenaikan pangkat atau jabatan bagi karyawan yang telah memenuhi syarat. Sebelumnya HRD Manager juga membuat kegiatan berupa pengembangan terhadap kompetensi para karyawan.

Seiring dengan perkembangan zaman HR adalah sebagai strategic business partner, HR diharapkan mampu berkontribusi terhadap pencapaian kinerja organisasi.

Uraian diatas adalah informasi selengkapnya yang membahas tentang deretan jenjang karier yang dimiliki oleh seorang HRD di dalam sebuah perusahaan. Menarik sekali bukan? Jenjang karir ini cukup terbuka dan membuka kesempatan baru untuk para HRD yang terampil untuk semakin mengembangkan kemampuan dan skill mereka sesuai dengan bidang keahliannya. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "7 Jenjang Karir seorang HRD di Dalam Perusahaan"