Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dapatkan Karyawan Terbaik Ketika Proses Recruitment Dengan Tips Ini

Merekrut merupakan tugas terpenting dari setiap divisi HRD ( Human Resource Development ),  dalam suatu Perusahaan. Nah akan tetapi sayangnya merekrut bukan hanya sekedar mencari serta mempekerjakan seseorang. Namun lebih kepada untuk mendapatkan calon karyawan yang sesuai dan dapat memberikan kontribusi maksimal dalam bekerja, proses ini membutuhkan waktu dan juga tidak mudah dilakukan bagi divisi yang bertanggung jawab terhadap perekrutan karyawan yaitu divisi HRD.

Pada pembahasan kali ini kita akan sharing beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk merekrut dan mendapatkan karyawan terbaik. Dan hal tersebut dapat anda jadikan sebagai salah satu strategi yang tepat untuk memperoleh karyawan terbaik.

Dapatkan Karyawan Terbaik Ketika Proses Recruitment Dengan Tips Ini

contoh gambar karyawan terbaik proses rekrutmen  

Ketika rekrutmen pastikan orang-orang sudah tahu reputasi baik dari kantor anda

Perusahaan yang memiliki Reputasi tentu akan menjadi incaran para kandidat – kandidat terbaik, sehingga dalam proses rekrutmen perusahaan akan mudah menemukan kandidat yang sesuai dengan harapan perusahaan.

Banyak hal yang mempengaruhi  reputasi perusahaan, tidak hanya secara internal dengan menjaga hubungan baik antara perusahaan dengan karyawan saja. Akan tetapi secara eksternal juga harus diperhatikan yaitu hubungan baik dengan masyarakat lingkungan, pemerintah, konsumen, pemasok, dan lain sebagainya.

Jangan lupa melibatkan karyawan lain ketika sedang proses rekrutmen

Melibatkan karyawan dalam proses rekrutmen dapat mempermudah dan mempercepat proses pencarian kandidat yang tepat. Hal positifnya Secara tidak langsung Divisi HRD juga mendapatkan jaminan bahwa rekomendasi dari karyawan tersebut pastilah tidak akan mengecewakan perusahaan alias ada jaminan dari karyawan yang merekomendasikan tersebut.

Sebelum anda membuka lowongan untuk karyawan baru anda dapat mencoba melakukan internal rekrutmen dari karyawan yang telah ada. Tak ada salahnya untuk mencoba membuka kesempatan untuk karyawan lama. Hal ini sangat berdampak positif terhadap semangat karyawan dalam hal berkontribusi maksimal dimasa akan datang.

Dengan anda mencoba mencari secara internal terlebih dahulu tentu segala hal akan jauh lebih efektif dan anda dapat menyelesaikan pekerjaan dengan cepat.

Tak ada salahnya untuk membayar lebih dari kompetitor perusahaan anda

Salah satu cara dan strategi paling efektif yang dapat anda terapkan untuk memperoleh karyawan terbaik yaitu dengan menawarkan gaji yang kompetitif dari perusahaan sejenis yang lain. Pada umumnya calon pelamar tentu lebih memilih perusahaan yang menawarkan gaji yang lebih besar untuk mereka. 

Sebagaimana pepatah sering mengatakan bahwa "jika kita ingin mendapat ikan yang besar maka umpannya juga harus besar" hehehe. Artinya jika perusahaan ingin mendapatkan karyawan yang terbaik tentu perusahaan tersebut juga harus membayar gaji besar sesuai dengan skill yang dimiliki karyawan tersebut. hal ini akan dapat membuat karyawan tersebut betah berlama-lama dan berkarir lebih lama di Perusahaan anda.

Cobalah menggunakan benefit sebagai salah satu daya tarik yang lebih

Dengan menawarkan fasilitas lain selain gaji pastinya akan menjadi salah satu daya tarik lebih untuk para calon karyawan. Contohnya saja dengan menawarkan beberapa fasilitas khusus untuk pelamar yang berkualitas mulai dari bonus ruangan kerja yang lengkap dan lain-lain. Salah satu hal yang nanti akan ditanya oleh pelamar kerja yaitu tentang fasilitas kerja yang nanti perusahaan berikan guna menunjang produktivitas karyawan.

Pekerjakan lah ketika semuanya sudah pasti

Strategi yang berikutnya untuk memperoleh karyawan yang terbaik yaitu hanya memperkerjakan seusai segala hal sudah pasti. Yang artinya disini anda harus benar-benar memastikan posisi apa yang perusahaan butuhkan serta bagaimana deskripsi pekerjaannya. Tak hanya itu saja Anda juga harus memastikan tentang kejelasan jenjang karir yang akan nanti karyawan peroleh dari posisi itu.

Divisi HRD harus memastikan dan mengkomunikasikan  hal ini secara jelas karena tawaran ini mempunyai daya tarik tersendiri untuk mereka yang menginginkan suatu pengalaman baru. Setelah itu Anda juga bisa memilih mempekerjakan karyawan jika statusnya sudah pasti. Artinya Anda harus memastikan terlebih dahulu apakah kandidat tersebut masih menjadi karyawan pada perusahaan lain atau memang sudah tidak bekerja.

Dan yang terakhir Anda coba perbaiki website perusahaan anda untuk memperlancar proses recruitment karyawan terbaik. Dengan mempunyai website yang baik pelamar dapat mengetahui jika perusahaan anda benar-benar aktif dan bukan suatu perusahaan yang fiktif.

Demikianlah beberapa tips dalam proses recruitment karyawan guna memperoleh karyawan yang terbaik untuk perusahaan anda. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Dapatkan Karyawan Terbaik Ketika Proses Recruitment Dengan Tips Ini"