Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Struktur Organisasi Perusahaan - Manfaat Dan Jenisnya

Dalam sebuah perusahaan atau organisasi keberadaan Struktur Organisasi sangat lah penting dan berguna untuk menjadi acuan dalam melakukan koordinasi dalam menjalankan aktifitas kerja. Tergantung pada besar kecilnya perusahaan dan cara operasionalnya, dengan mengetahui bagaimana perusahaan Anda beroperasi maka akan memudahkan Anda dalam membuat dan merancang struktur organisasi perusahaan.

Adanya struktur organisasi pada suatu perusahaan maka karyawan akan bekerja sesuai dengan apa yang diharapkan perusahaan. Karyawan akan melaksanakan pekerjaannya berdasarkan tugas dan tanggung jawab mereka masing-masing, sehingga dapat melancarkan semua aktivitas pekerjaan.

Untuk lebih lanjut memahami tentang struktur organisasi perusahaan beserta jenis, tujuan dan manfaatnya, mari kita simak ulasan lengkap berikut ini:

Struktur Organisasi Perusahaan: Manfaat Dan Jenisnya

 Contoh Gambar Struktur Organisasi

Pengertian Struktur Organisasi Perusahaan

Struktur organisasi pada suatu perusahaan adalah menggambarkan bagaimana aktivitas pekerjaan didelegasikan untuk mencapai tujuan perusahaan, dan dapat menjelaskan serta menguraikan peran dan tanggung jawab karyawan pada perusahaan.

Dalam sebuah struktur organisasi, dapat kita lihat bahwa semakin banyak otoritas yang dimiliki karyawan maka semakin tinggi pula posisi atau jabatan mereka di perusahaan tersebut. Dan kemudian pada umumnya semakin terorganisir suatu struktur organisasi, maka semakin efisien dan efektif operasional perusahaan tersebut.

Manfaat struktur organisasi

Banyak perusahaan yang telah membuat dan merancang struktur organisasi perusahaan dengan sedemikian rupa, sehingga banyak manfaat yang mereka rasakan pada operasional perusahaan mereka berjalan secara efisien dan efektif.

Adapun beberapa manfaat struktur organisasi perusahaan dapat dilihat dari uraian berikut dibawah ini:

a. Cepat dalam Pengambilan keputusan

Adanya struktur organisasi yang benar-benar terorganisir dengan baik, maka dapat digunakan untuk mendorong pengambilan keputusan yang lebih cepat.

Saat tim dalam perusahaan Anda dapat melakukan komunikasi dengan lebih efektif, maka akan berpengaruh terhadap komunikasi keseluruhan perusahaan, hal ini tentu saja akan mengacu pada pengambilan keputusan secara cepat.

Hierarki pada struktur organisasi berpotensi untuk mendorong komunikasi yang lancar antar departemen atau bagian yang berbeda. Tugas yang didelegasikan ke anggota tim akan lebih jelas dan terarah, begitu juga sebaliknya anggota akan mudah mengetahui atasannya untuk melaporkan hasil kinerjanya.

b. Efisiensi operasional

Adanya struktur organisasi dapat membantu memastikan semua divisi beroperasi dengan cara dan prosedur yang sama, hal ini terjadi ketika suatu perusahaan mulai tumbuh dan berkembang.

Apalagi jika perusahaan memiliki beberapa cabang, maka struktur organisasi dapat membantu memastikan bahwa semua tugas dan tanggung jawab untuk cabang tersebut terpenuhi dengan lebih mudah.

c. Mengatasi duplikasi pekerjaan

Resiko pekerjaan yang tumpang tindih dapat dihilangkan meskipun karyawan dibagi menjadi beberapa departemen atau bagian sesuai dengan keterampilan dan keahlian mereka. Tugas dan tanggung jawab didelegasikan dengan cara yang jelas, maka mereka dapat melakukan pekerjaan dengan baik.

Struktur organisasi perusahaan yang terorganisir dapat memberikan panduan dalam melakukan pekerjaan setiap hari dan memudahkan karyawan dalam bekerja, sehingga dapat meningkatkan kinerja karyawan.

d. Mengurangi konflik karyawan

Struktur organisasi perusahaan berpotensi menghilangkan konflik antar karyawan. Seorang karyawan akan mengetahui tugas mereka dan fokus pada pekerjaan mereka sendiri.

Dengan struktur organisasi yang jelas dan terorganisir, maka masing-masing karyawan tidak ada lagi melakukan pekerjaan yang bukan pekerjaannya alias mengerjakan pekerjaan orang.

Jenis struktur organisasi

Ada empat jenis struktur organisasi yang dapat Anda ketahui dan fahami. Dari keempat jenis tersebut mana yang lebih cocok untuk diterapkan di perusahaan Anda, berikut kita simak penjelasannya:

1. Struktur organisasi fungsional

Jenis struktur organisasi ini membagi menjadi bagian-bagian khusus dengan peran dan tugas tertentu. Banyak perusahaan pada umumnya membagi organisasinya menjadi berbagai departemen misalnya: Dept HR & Personalia. Dept keuangan, Dept pemasaran, Dept Produksi dan lain-lain.

Kemudian masing-masing departemen ini memiliki manajer yang mengawasinya. Struktur fungsional ini memiliki kelebihan dan kekurangan, adapun kelebihan struktur ini adalah karyawan dikelompokkan berdasarkan keahlian dan memiliki tim yang solid, sedangkan kekurangan struktur ini adalah kurangnya komunikasi dengan departemen lain, persaingan tidak sehat, dan masalah manajemen.

2. Struktur organisasi divisional

Struktur divisional biasanya digunakan oleh perusahaan yang berskala menengah dan perusahaan yang berskala besar. Misalnya pada satu divisi memiliki beberapa orang manajer yang membawahi masing-masing produk yang berbeda.

Struktur organisasi divisional ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan, adapun kelebihan struktur ini adalah fokus pada satu barang atau jasa, kepemimpinan yang lebih terpusat, sedangkan kelemahan pada struktur ini adalah integrasi yang buruk dengan divisi lain,persaingan antar divisi, dan kurangnya komunikasi antar divisi.

3. Struktur organisasi matriks

Pada struktur organisasi matriks ini biasanya pekerjaan dibagi menjadi tim yang melapor kepada dua manajer, namun struktur organisasi ini merupakan gabungan dari berbagai struktur organisasi.

Karena tim ini memiliki dua manajer maka karyawan memiliki potensi untuk memperluas keahlian mereka karena mereka mungkin ditugaskan ke berbagai proyek yang membutuhkan tingkat keahlian atau keterampilan yang berbeda.

Kelebihan dari struktur ini adalah menumbuhkan dialog terbuka, lingkungan tempat kerja yang fleksibel, sementara kekurangan dari struktur ini adalah kebingungan kepemimpinan, loyalitas kepemimpinan yang bertentangan, peran mungkin tidak didefinisikan dengan jelas dan beban kerja karyawan yang berpotensi berat.

4. Struktur organisasi Flatarki

Jenis struktur organisasi yang terakhir adalah flatarki. Perusahaan yang menggunakan struktur organisasi ini hanya memiliki satu manajer dan semua karyawan berada dibawah pengawasannya. Struktur organisasi ini banyak digunakan oleh perusahaan dengan skala kecil dan hanya memiliki sedikit karyawan.

Adapun kelebihan dari struktur flaterki ini adalah hemat biaya, menumbuhkan komunikasi yang baik, dan pengambilan keputusan lebih cepat. Sedangkan kekurangan dari struktur organisasi ini yaitu potensi konflik karyawan kebingungan kepemimpinan.

Demikian uraian lengkap tentang struktur organisasi perusahaan yang menjelaskan definisi, manfaat beserta tujuannya. Ketika seorang karyawan tahu apa yang akan mereka kerjakan, maka karyawan tersebut dapat melakukan pekerjaanya dengan cepat dan lebih efisien. Struktur organisasi perusahaan yang terorganisir dengan baik maka akan menciptakan sistem kerja yang efisien dan efektif dan dapat meningkatkan operasional perusahaan secara keseluruhan, dan hal ini juga merupakan salah satu upaya menciptakan keharmonisan dalam hubungan industrial. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Struktur Organisasi Perusahaan - Manfaat Dan Jenisnya"