Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan antara HRD dan Personalia yang perlu Diketahui

Dalam sebuah perusahaan, masing masing karyawan atau pekerja nya akan dibagi tugas dan pekerjaannya sesuai dengan kemampuan dan skill mereka masing masing. Salah satunya adalah bagian HRD dan Personalia. 

Ada yang berfikir bahwa keduanya adalah istilah profesi yang sama. Namun sebenarnya keduanya memiliki tugas pekerjaan yang berbeda. Lantas apa perbedaan antara HRD dan Personalia tersebut?

HRD dan Personalia adalah dua bidang dalam perusahaan yang saling berkaitan namun kalau berbicara soal tanggung jawab hingga fungsinya adalah berbeda. Bagi Anda yang ingin melamar pekerjaan dalam perusahaan supaya tidak salah kaprah, sebaiknya pahami dengan baik terlebih dahulu apa perbedaan dari HRD dan Personalia. Nah, kita akan bahas hal ini pada informasi sebagai berikut :

Perbedaan antara HRD dan Personalia yang perlu Diketahui

contoh Gambar tentang perbedaan HRD dan Personalia

Mengenal HRD (Human Resource Departement)

HRD yang memiliki kepanjangan yaitu human resource departement atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai departemen sumber daya manusia atau SDM. Secara umum pekerjaan HRD ini adalah mengurus semua hal yang berkaitan dengan para pekerja atau karyawan. Mulai dari proses Recruitment, evaluasi, pengembangan, administrasi, konsultasi sampai dengan proses PHK (pemutusan hubungan kerja) sekaligus membuat surat pengalaman kerja.

Dengan kata lain HRD memiliki tugas untuk menangani berbagai masalah yang bisa terjadi dalam ruang lingkup karyawan, manajer, pegawai dan semua karyawan yang terlibat di dalam perusahaan. 

HRD juga bertanggung jawab untuk memasok suatu perusahaan dengan orang orang yang tepat untuk menempati suatu jabatan atau posisi dalam perusahaan. Biasanya secara umum keberadaan HRD adalah di perusahaan perusahaan yang besar atau perusahaan pusat atau induk grup perusahaan tersebut. 

Tujuan dari adanya peran HRD dalam sebuah perusahaan adalah untuk menunjang semua aktivitas (strategi bisnis partner) perusahaan dan kenyamanan para karyawan untuk mencapai target yang telah ditentukan.

Mengenal Personalia

Berbeda dengan HRD, personalia sendiri merupakan serangkaian kegiatan yang diberlakukan untuk mengelola sumber daya manusia atau SDM yang berkaitan dengan administratif. 

Jika HRD merupakan sebuah profesi yang pekerjaannya mencangkup keterlibatan dengan karyawan, maka personalia memiliki peran untuk bertanggung jawab kepada system administrasi seperti pembayaran gaji atau payroll, employee database dan berbagai pembayaran benefit lainnya.

Berbagai tugas yang menjadi tugas personalia adalah termasuk penghitungan absensi, pencatatan cuti tahunan, filling dokumen dan masih banyak lagi dokumen lainnya. Dengan demikian, personalia juga kerap dikenal sebagai “pelayan” atau “tenaga kerja” setiap harinya.

Jadi dengan demikian sudah bisa diambil kesimpulan tentang perbedaan antara HRD dan personalia. Perbedaan tersebut adalah terletak pada ruang lingkup pekerjaannya. Personalia sendiri lebih cenderung berada dalam area pengurusan secara administrasi untuk mendukung fungsi dari HRD. 

Jika tidak ada personalia maka, tugas HRD pun menjadi sulit untuk dilaksanakan karena kedua aspek tersebut saling berhubungan. Namun, memang sekarang ada saja HRD yang juga bisa mengerjakan tugas dari personalia sehingga tingkat kefokusan pada profesi atau pekerjaan yang dijalankan berkurang.  hal ini kembali lagi pada masing masing pihak perusahaan yang memiliki job description yang berbeda beda sesuai dengan ketentuan dari perusahaan tersebut.

Demikian ulasan singkat tentang perbedaan antara HRD dan personalia yang perlu diketahui. Sebelum melamar pekerjaan atau pada saat Anda menentukan jenis pekerjaan seperti apa yang Anda ingin tekuni dalam sebuah perusahaan. Dengan memahami maksud dua kata tersebut secara tepat, Anda bisa dengan mudah membedakannya. Terimakasih telah berkunjung ke Dedimuliadi.com dan semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Perbedaan antara HRD dan Personalia yang perlu Diketahui"