Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Alasan Kenapa Career Path Penting

Perusahaan yang ada Career Path nya akan membuat karyawan lebih termotivasi dan memiliki loyal yang tinggi. Apa penyebabnya, yuuuk simak penjelasannya pada ulasan berikut dibawah  ini.

Tugas lainnya dari HR ( human resource) selain dari pengembangan kualitas SDM ( sumber daya manusia ) yang ada pada sebuah perusahaan, HR juga mengurus hal terkait  program pengembangan karir yang mana program ini dirancang dengan membuat jalur – jalur karir pada posisi atau jabatan. Jalur karir ini lah yang disebut sebagai career path.

Apa itu Career path?. Seperti yang sudah dibahas sekilas diatas Career path (jalur karir) merupakan rangkaian atau urutan posisi atau jabatan yang dilalui karyawan dan dapat mengarah ke tujuan atau tingkatan karir, bahasa sederhananya yaitu jalur pada sebuah posisi atau jabatan yang akan ditempuh oleh seorang karyawan dan nantinya dapat menuju posisi atau jabatan yang lebih tinggi.

Inilah Alasan Kenapa Career  Path Penting Bagi Perusahaan

contoh gambar alasan career path penting

Pada Organisasi atau Perusahaan yang berskala besar career path tentu sudah dirancang dan tersusun dengan baik dan profesional, nah bagaimana jika kita bekerja pada organisasi yang masih berskala kecil atau menengah yang belum ada career path nya. Hal ini tentu akan menjadi PR (pekerjaan rumah) yang wajib diselesaikan bagi teman – teman HR diperusahaan tersebut.

Kembali lagi kepertanyaan mengapa career path penting? Dengan adanya jalur karir yang tersusun secara baik dan profesional  dalam suatu organisasi atau perusahaan, maka tentu akan membawa manfaat bagi perusahaan itu sendiri serta manfaat bagi karyawannya.

Manfaat Career Path bagi Perusahaan

Karyawan – karyawan terbaik yang dimiliki perusahaan tersebut akan lebih dimudahkan untuk mengejar karirnya sehingga karyawan tersebut akan mengembangkan potensinya dan meraih posisi jabatan yang lebih tinggi dan pastinya  salary  juga akan lebih besar. Hal ini tentu akan menjadikan karyawan lebih Loyal sehingga  kontribusi karyawan tersebut  pastinya akan lebih maksimal  dan dapat membawa kemajuan perusahaan.

Dengan jelasnya Career Path disuatu perusahaan maka akan terjalin hubungan industrial yang harmonis dan saling terbuka antara karyawan dan perusahaan .

Manfaat selanjutnya yaitu mengurangi tingkat turnover, dengan adanya Career Path  para karyawan akan lebih termotivasi untuk mengembangkan karirnya. Hal ini tentu akan membuat karyawan betah bekerja dalam jangka waktu yang panjang. 

Manfaat Career Path bagi Karyawan

Manfaat career path bagi karyawan yaitu memberikan kesempatan karyawan untuk meningkatkan skill dan pengetahuan yang dimiliki karyawan, serta memberikan kejelasan berkarir bagi karyawan.

Manfaat lainnya yaitu dapat meningkatkan kesejahteraan karyawan. Program pengembangan karir akan memberikan banyak pengalaman serta pembelajaran – pembelajaran yang diperoleh karyawan, hal ini tentu menjadi modal bagi karyawan untuk bisa menduduki posisi dan jabatan yang lebih tinggi dimasa yang akan datang dan tentunnya akan membawa kesejahteraan bagi karyawan.

Career path juga memberikan kesempatan bagi karyawan untuk bertemu dengan banyak orang, kesempatan ini bisa digunakan untuk membangun relasi yang lebih luas lagi.

Langkah dalam  membangun program Career Path

Membangun program career path pada suatu organisasi atau perusahaan perlu komitmen dan kerja sama yang baik diseluruh bagian Departement serta dukungan penuh dari Pimpinan. Agar program career path dapat berjalan dengan lancar sesuai harapan, nah berikut ini langkah –langkah yang bisa dicoba untuk diterapkan:

  • Hal yang paling dasar untuk kita persiapkan dalam membangun program career path adalah memastikan telah dibuatnya jobdesk yang dilengkapi dengan daftar tanggung jawab utama dan persyaratan kompentensi, serta melakukan analisa terhadap suatu posisi atau jabatan berdasarkan profil kompetensi yang dibutuhkan, dan mengelompokkan posisi job family yang fungsinya memudahkan kita melihat mana posisi atau jabatan yang memiliki kemiripan atau kesamaan yang bisa dijadikan sebuah jalur pada karir.

  • Mendiskusikan atau bertanya langsung dengan karyawan tentang rencara karir mereka. Tanyakan beberapa pertanyaan seperti harapan pekerjaan dan karir, serta kebutuhan pelatihan untuk menunjang skill dan kompetensi mereka.

  • Memberikan fasilitas peningkatan dan pengembangan kemampuan dengan menempatkan karyawan pada posisi yang berbeda atau Rotasi karyawan ke berbagai tempat. Hai ini akan meningkatkan kemampuan karyawan untuk menguasai bidang – bidang lainya dan menambah skill dan kemapuan karyawan tersebut.

  • Lakukan Performance Appraisal atau penilaian kinerja secara berkala agar dapat melihat dan memantau hasil kinerja karyawan. 

Sedangkan bagi karyawan itu sendiri, hal yang perlu menjadi dipersiapkan dalam membangun career path adalah melakukan analisa terhadap potensi diri sendiri karena inilah modal dasar dalam perancangan karir.

Dengan mengetahui potensi diri, kelebihan dan kekurangan akan mempermudah karyawan tersebut membaca kesempatan dan peluang yang akan diambilnya dimasa yang akan datang untuk memajukan karirnya.

Demikian ulasan terkait alasan pentingnya Career Path bagi suatu perusahaan dalam mencapai keberhasilan perusahaan serta meningkatkan kesejahteraan karyawan.

Terimakasih, dan semoga bermanfaat.


Post a Comment for "Inilah Alasan Kenapa Career Path Penting"