Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Strategi HRD Dalam Membangun Hubungan Industrial

Sebelum kita membahas lebih dalam mengenai bagaimana sih kiranya membangun sebuah hubungan industrial pada suatu perusahaan, mari kita ketahui artiannya dahulu di mana industrial relation ini memiliki makna yaitu hubungan antara pelaku proses produksi baik barang maupun jasa dengan pekerjanya.

Tidak  hanya pengertian anda juga harus mengetahui kira – kira apa tujuan dari hubugan industrial tersebut ya agar bisa memahami sepenuhnya. Adapaun tujuannya yaitu agar bisa menciptakan sebuah hubungan yang sangat harmonis, serasi serta dinamis antara perusahaan dan pekerjanya. Maka dari itu masing – masing pihak haruslah bisa menjalankan fungsi serta tugas secara baik dengan apa yang telah menjadi tanggung jawabnya.

Terciptanya hubungan industrial yang serasi, harmonis serta nyaman bagi semua pihak maka hal ini dapat meningkatkan produktivitas kerja. Sehingga perusahaan tersebut akan dapat tumbuh serta berkembang yang bermuara juga terhadap peningkatan kesejahteraan para pekerja di perusahaan tersebut.

Strategi HRD Dalam Membangun Hubungan Industrial

contoh gambar strategi membangun hubungan industrial

Strategi HRD Dengan Lebih Memahami Beberapa Perilaku Karyawan

Nah strategi yang pertama menjaga hubungan industrial yaitu dengan cara melakukan pemahaman perilaku dari karyawan yang pastinya berbeda bukan. Setiap karyawan yang berada di perusahaan tentunya memiliki tujuan serta perilaku ataupun kepentingan yang berbeda – beda tentunya bukan. Dengan adanya beberapa perbedaan persepsi dari pihak si karyawan, perusahaan serta serikat pekerja sehingga hal ini lah yang akan menjadi penyebab permasaahan dalam hubungan industrial yang kurang harmonis.

Untuk seorang atasan di perusahaan haruslah menjaga hubungan dengan komunikasi yang baik serta mampu menyesuaikan sikap dan tindakan dalam menangani permasalahan - permasalahan pada setiap karyawannya. Memahami sifat seorang karyawan membuat anda sendiri menjadi kaca agar bisa membentuk sebuah strategi yang akan membuat hubungan baik selalu terjaga.

Nah untuk bisa menjalin hubungan yang baik antar si karyawan dan pimpinan maka memerlukan komunikasi yang menjadi jembatan suasana baik. Memahami kepentingan serta keinginan dari beberapa pihak akan membuat anda semakin dapat membuat para karyawan merasakan yang namanya kenyamanan. Anda dapat membuat atau menciptakan lingkungan serta suasana yang nyaman agar bisa menciptakan kualitas serta hasil kinerja yang semakin menigkat.

Dapat Memberikan Hubungan Baik Dengan Bawahan

Strategi kedua anda dapat memberikan sebuah keterbukaan dengan melakukan hubungan yang baik dengan bawahan atau para pekerja. Meskipun seorang atasan  memiliki jabatan yang tinggi tetapi juga haruslah bisa menjaga hubungan baik dengan para bawahan demi menjaga nama baik perusahaan.

Perlu kita sadari bahwa seorang atasan juga manusia biasa yang tidak luput juga dari kesilafan, maka dari itu seorang atasan harus terbuka dalam berkomunikasi dengan bawahannya. Seperti contoh dengan mewadahi para karyawannya menyampaikan pemikiran, ekspresi serta kebebasan sehingga membuat hubungan atasan dan bawahan bisa terjalin baik.

Adil Dalam Memberikan Fasilitas Untuk Para Karyawan

Strategi yang ketiga anda haruslah adil  memberikan fasilitas untuk para karyawan agar mereka dapat betah dalam memberikan kontribusi maksimal ke perusahaan. Karena telah banyak kasus permasalahan di  perusahaan yang timbul akibat adanya rasa kurang puas serta tidak adilnya dari pemberian fasilitas perusahaan tersebut loh.

Misalkan pada perusahaaan yang belum memiliki Struktur dan skala upah sehingga Karyawan dengan posisi atau level yang setara mendapatkan perbedaan  gaji yang sangat jauh berbeda, begitu juga dengan pemberian fasilitas lainnya  yang tidak merata.

Hal ini tentu akan menjadi penyebab timbulnya hubungan industrial yang tidak harmonis, para pekerja merasa bahwa mereka bekerja secara kewajiban dan tanggung jawab sudah sama – sama dipenuhi bahkan mungkin lebih, akan tetapi pemberlakuan adil yang kurang  mereka rasakan. Untuk itu perlulah anda dapat berlaku adil dalam pemberian fasilitas untuk para karyawan

Nah itulah beberapa rekomendasi mengenai strategi HRD yang dapat membuat anda semua menjadi seorang yang mampu menciptakan kenyaman dalam hubungan industrial.

Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Strategi HRD Dalam Membangun Hubungan Industrial"