Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Tetap Semangat Beraktivitas Jalani Puasa Ramadhan

Bulan Suci Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah yang ditunggu - tunggu kedatangannya oleh umat Muslim diseluruh belahan bumi. Sebagai Muslim kita akan berbahagia dalam menyambut datangnya bulan Suci Ramadhan untuk melaksanakan Ibadah Puasa selama satu bulan penuh dan ibadah – ibadah lainnya sesuai dengan apa yang telah diperintahkan oleh ALLAH SWT kepada kita sebagai hambanya.

Menjalankan Ibadah Puasa selama bulan Suci Ramadhan semestinya tidak mempengaruhi aktivitas yang kita kerjakan sehari – hari, termasuk aktivitas bekerja bagi kita yang berprofesi sebagai seorang karyawan maupun profesi yang lainnya. Kita menyadari bahwa pekerjaan yang kita lakukan dengan sungguh – sungguh adalah juga merupakan ibadah yang akan bernilai pahala, dan pahala tersebut tentunya akan kita peroleh dengan berlipat ganda dibulan Suci Ramadhan ini.

Tips Tetap Semangat Beraktivitas Jalani Puasa Ramadhan

Gambar Semangat Beraktivitas Puasa

Nah bagaimana agar semua aktivitas kita termasuk bekerja selama bulan Ramadhan kita laksanakan dengan bersemangat, berikut ulasan “tips tetap semangat beraktivitas jalani puasa ramadhan”.

Dimulai dari Niat yang kuat

Keberhasilan dalam bidang apapun yang kita diraih berawal dari niat yang kuat serta ketulusan dalam hati. Sebagian dari kita mungkin sudah mengetahui adanya tentang Hukum Alam yang banyak difahami oleh Pesohor didunia ini dan telah mereka terapkan dalam keberhasilannya.

Hukum Alam tersebut yaitu sebuah Hukum Energi yang cara kerjanya adalah segala “sesuatu hal” yang kita fikirkan dengan bersungguh sungguh maka akan kita peroleh juga “sesuatu hal” tersebut. Artinya apa yang kita peroleh saat ini sama dengan apa yang telah kita fikirkan atau kita niatkan sebelumnya.

Begitu juga dengan niat kita untuk menjalankan ibadah puasa dan tetap beraktivitas dengan semangat serta optimal selama bulan Suci Ramadhan ini, agar pahala ibadah puasa dan ibadah bekerja dapat kita peroleh keduanya.

Tahan godaan saat bekerja

Saat berada ditempat kerja banyak sekali godaan yang kita temui salah satunya misal rekan kerja kita ada yang tidak berpuasa mungkin karena satu dan lain hal, atau mungkin karena beratnya aktivitas pekerjaan yang mereka lakukan sehingga mereka makan dan minum ditempat kerja. Upayakan agar kita tetap konsisten untuk berpuasa dan tahan terhadap godaan tersebut.

Godaan yang tidak kalah beratnya selain menahan haus dan lapar selama bulan Suci Ramadhan ditempat kerja adalah dimana saat ada obrolan yang mengakibatkan batalnya puasa yaitu bergunjing atau bergosib. Sedapat mungkin kita harus menghindari dan menjauh dari obrolan tersebut.

Jadilah pribadi yang Sabar

Berpuasa sangatlah bagus dalam hal melatih meningkatkan kesabaran kita, banyak hal yang mungkin dapat memicu emosi kita saat beraktivitas di tempat kerja misalnya sikap dari rekan kerja kita, atasan kita atau hal lainnya yang tidak bisa kita hindari.

Kondisi seperti ini dapat kita atasi dengan perbanyak istigfar serta berzikir sehingga saat kita berpuasa hati dan fikiran kita tetap  tenang dan bersabar.

Lakukan aktivitas bermanfaat menjelang berbuka puasa

Saat berada dirumah setelah seharian beraktivitas ditempat kerja istirahat lah sejenak sekitar tiga puluh menit untuk melepaskan penatnya badan, kemudian lakukan aktivitas ringan atau apapun yang bermanfaat sambil menunggu waktu berbuka puasa. Dengan beraktivitas tidak terasa waktu berbuka akan terasa cepat tiba dibandingkan dengan kita tidak melakukan apapun, "Selamat Berbuka Puasa".

Tips selanjutnya adalah jika kita punya kebiasaan tidur larut malam, sebaiknya hindari dan usahakan tidur lebih awal dalam bulan Suci Ramadhan ini.

Kemudian saat setelah kita sahur dan sholat subuh ada baiknya untuk kita tidak melanjutkan tidur, karena bisa membuat badan kita lemas saat bangun, dan mungkin bisa jadi kita ketiduran yang akhirnya terlambat datang kekantor. Hal ini tentunya juga akan berpengaruh terhadap Performance kinerja kita.

Demikianlah ulasan lengkap tentang beberapa Tips Tetap Semangat Beraktivitas Jalani Puasa Ramadhan. Terimakasih dan semoga bermanfaat.



Post a Comment for "Tips Tetap Semangat Beraktivitas Jalani Puasa Ramadhan"