Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Ragam Alasan Surat Lamaran yang Tidak Diproses HRD

Apakah Anda sudah beberapa kali mengirimkan surat lamaran tapi tidak ada panggilan atau diterima? Maka, bisa jadi surat lamaran Anda tidak sesuai dengan yang diinginkan oleh perusahaan atau tempat bekerja yang Anda incar. Sebab sebenarnya ada ragam alasan yang bisa menjadi penyebab surat lamaran Anda tidak diproses oleh HRD Perusahaan.

HRD adalah singkatan dari Human Resource Departement merupakan bagian dalam perusahaan yang juga memiliki tugas merekrut karyawan baru dan menerima surat lamaran Anda.

Jika surat lamaran yang Anda berikan tidak sesuai dengan kriteria yang diinginkan perusahaan, hasilnya Anda tidak akan mungkin diterima. 

Ragam Alasan Surat Lamaran yang Tidak Diproses

contoh gambar surat lamaran tidak diproses HRD

Untuk menghindari kesalahan tersebut, cobalah simak beberapa alasan surat lamaran yang ditolak oleh pihak HRD Perusahaan yang perlu Anda ketahui.

1. Tata Paragraf yang berantakan

Surat lamaran yang Anda kirimkan ke pihak HRD perusahaan akan dinilai tidak hanya berdasarkan isi dan tujuannya tapi dari sisi kerapian Anda menulis juga. Surat lamaran kerja sendiri termasuk kedalam surat resmi yang harus ditulis dengan tata paragraf yang tersusun dengan rapi. 

HRD akan melihat kerapian Anda mulai dari urutan menulis pembuka, perkenalan singkatan, biodata diri, maksud dan tujuan Anda sampai dengan lampiran berkas sebagai data pendukung yang sangat dibutuhkan. Jadi pastikan Anda menulis atau mengetik surat lamaran Anda dengan tersusun dengan rapi. 

2. Skill atau Kemampuan yang tidak relevan

Dalam sebuah perusahaan baik skala kecil maupun besar pasti membutuhkan karyawan yang memiliki kemampuan yang relevan dengan job description yang akan dikerjakannya. Jika tidak relevan, tentu pihak HRD tidak akan memilihnya untuk menempati jabatan atau posisi pekerjaan tersebut. 

sebagai contoh Anda adalah seorang lulusan Manajemen dan ingin melamar sebagai seorang Programmer. Namun, Anda sendiri tidak memiliki kemampuan untuk melakukan coding maupun portofolio yang bisa menunjang pekerjaan tersebut dengan baik. Ini salah satu contoh ketidak relevannya kemampuan Anda dengan posisi yang dilamar.

3. Sering mengabaikan subjek dan body email

Nah, contoh lain kesalahan yang kerap dilakukan saat melamar pekerjaan adalah mengabaikan subjek dan body email. Hanya melihat lamaran Anda yang demikian, pihak HRD Perusahaan akan langsung mengabaikan surat lamaran Anda dan beralih ke surat lamaran yang lainnya.

Mengosongkan subjek dan body email bisa menjadi tanda bahwa Anda adalah orang yang kurang kreatif. Sedangkan pihak HRD pasti menilai sikap Anda dari bagaimana surat lamaran Anda ditulis.

4. Jejak Digital

Tahukah Anda, bahwa sebenarnya HRD dalam sebuah perusahaan akan benar benar memastikan orang yang mereka rekrut sesuai dengan posisi jabatan yang kosong. Mereka tidak akan hanya melihat dari segi pendidikan atau kemampuan anda saja, bahkan sampai menelusuri  kehidupan bersosial Anda.

Mungkin saja pihak HRD akan memantau media sosial yang Anda cantumkan. Reputasi Anda akan jatuh di mata HRD kalau mereka melihat sesuatu yang tidak pantas pada diri Anda. Oleh sebab itu, pastikan Anda memiliki unggahan foto maupun postingan yang baik, sehingga hal tersebut tidak menjadi suatu penyebab lamaran Anda tidak diproses HRD.

Demikianlah informasi selengkapnya yang membahas tentang beberapa faktor penyebab surat lamaran Anda tidak diproses lebih lanjut oleh pihak HRD perusahaan yang Anda tuju. Cobalah untuk melakukan evaluasi apakah Anda juga melakukan alasan alasan tersebut, jika terdapat kesalahan tentu Anda harus memperbaiki kedepannya agar surat lamaran Anda lolos seleksi lebih besar. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Inilah Ragam Alasan Surat Lamaran yang Tidak Diproses HRD"