Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Pasti Lolos Seleksi HRD

Ingin melamar sebuah pekerjaan namun khawatir tidak lolos seleksi? atau lamaran anda tidak diproses HRD. Sebagian besar orang juga memiliki perasaan yang sama dengan Anda.

Namun, jangan khawatir dan cobalah percaya diri dengan membuat surat lamaran yang menerapkan beberapa tips dan cara yang tepat untuk bisa lolos seleksi oleh HRD Perusahaan. Dengan persiapan yang matang Anda bisa yakin pasti bisa diterima oleh pihak HRD Perusahaan yang Anda tuju.

Umumnya, HRD sendiri adalah suatu bagian dalam sebuah perusahaan yang memiliki tanggung jawab terhadap semua hal yang berkaitan dengan karyawan seperti halnya merekrut karyawan baru perusahaan.

Berbicara soal seleksi karyawan baru dalam sebuah perusahaan secara nasional sebenarnya mencapai jumlah ratusan setiap harinya. Inilah yang juga menjadi alasan mengapa HRD membutuhkan waktu yang relatif lama untuk menerima dan menyeleksi lamaran Anda.

Surat Lamaran Kerja yang Pasti Lolos Seleksi HRD

contoh gambar lamaran kerja yang lolos seleksi

Untuk bisa membuat surat lamaran Anda tampil beda dan kreatif dari banyak surat lamaran lainnya, Anda perlu menerapkan beberapa tips dan cara sebagai berikut :

1. Cukup menuliskan hanya satu halaman

Ada yang berfikir kalau surat lamaran yang mereka kirimkan ke HRD Perusahaan itu panjang, maka akan semakin baik dan memperlihat betapa profesionalnya Anda. Benarkah demikian? Sebenarnya tidak. Surat lamaran kerja yang bertele – tele  dan terlalu banyak menyimpan informasi yang tidak perlu akan membuat surat lamaran Anda tidak menarik. 

Untuk itu, tips pertama membuat surat lamaran kerja dan CV yang menarik bagi HRD adalah dengan menuliskan surat lamaran secara ringkas dan jelas dan kalau bisa sebaiknya hanya satu halaman saja. Satu halaman pada kertas A4 seharusnya sudah sangat cukup untuk menunjukkan rasa hormat tujuan Anda dalam melamar pekerjaan.

2. Jelas, Baku dan Sopan

Tulisan Anda dalam surat lamaran haruslah padat, jelas, baku serta sopan. Apa yang dimaksud dengan padat? Padat yang dimaksud adalah bahwa kata kata yang Anda tuliskan harus singkat namun penuh arti dan tidak dibumbui dengan kata kata yang tidak perlu.

Pergunakan juga kata kata yang baku untuk memperlihatkan formalitas dan kesungguhan Anda untuk melamar. Menulis surat lamaran yang sopan dan santun akan menunjukkan kalau Anda adalah orang yang kredibel dan bisa dipercaya.

3. Tanpa Cela

Tanpa cela berarti tulisan dalam surat lamaran Anda harus bersih tanpa adanya kesalahan sedikit pun. Kesalahan tersebut bisa dari bentuk ejaan Anda yang salah. Untuk menghindari adanya kesalahan ejaan, setelah selesai menulis surat lamaran kerja, cobalah untuk menenangkan diri sejenak lalu melakukan koreksi dengan membacanya kembali.

4. Menggunakan kertas khusus yang berkualitas

Cara berikutnya yang bisa Anda lakukan sebagai seorang pelamar kerja adalah dengan menggunakan kertas khusus yang berkualitas. Sebagaimana yang kita tahu kebanyakan orang yang melamar pekerjaan tidak akan begitu memperhatikan jenis kertas surat lamaran yang mereka gunakan.

Nah, Anda bisa mengambil tips ini untuk membuat surat lamaran Anda lebih nampak profesional. Pilihlah kertas yang lebih tebal atau sesuaikan dengan warna lain selain putih jika cocok.

Baca juga: Cara dan syarat menjadi seorang HR

Contoh Surat Lamaran Kerja

                                                                                                Pekanbaru, 01 Desember 2022
Hal : Lamaran Pekerjaan
Kepada Yth :
Pimpinan Perusahaan PT. SUKSES BESAR
JL Lurus Kel.Benar, Kec Sabar,
Kota ..... - Provinsi.....

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan adanya informasi lowongan pekerjaan diperusahaan PT. SUKSES BESAR yang saya dapatkan dengan posisi sebagai ..........saya bermaksud melamar pekerjaan pada posisi tersebut. Adapun data – data diri saya adalah sebagai berikut:

Nama Lengkap                    : job seekers
Tempat/Tanggal Lahir         : Dirumah, DD/MM/YYYY
Alamat Tempat Tinggal       : JL. Contoh surat lamaran
Pendidikan Terakhir           : S1/S2
Status                                   : Sudah Menikah/ belum menikah
Telepon                                : 0813oooohhhh
Email                                   : https://www.dedimuliadi.com  

Untuk melengkapi beberapa data yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu Pimpinan saya lampirkan data diri saya sebagai berikut:

    1. Curriculum Vitae (CV)
    2. Foto Copy Ijazah S1
    3. Foto Copy Transkrip Nilai
    4. Foto Copy Kartu Tanda Penduduk
    5. Foto Copy Surat Pengalaman Kerja
    6. Foto Copy Sertifikat dan Pelatihan
    7. Pas Foto Terbaru

Besar harapan saya untuk dapat bergabung dan menjadi bagian dari team diperusahaan PT. SUKSES BESAR. Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya ajukan, atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terimakasih.

                                                                                                Hormat saya

                                                                                                job seekers

Inilah informasi terupdate yang memberitahu Anda terkait bagaimana contoh membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar dan pasti lolos seleksi HRD. Meskipun Anda harus membuat surat lamaran yang fresh, kreatif dan berbeda dari yang lainnya, ingatlah untuk tetap menjaga surat lamaran Anda tetap masih di batas formalitas sebagai seorang pelamar pekerjaan yang sopan dan santun. 

Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Pasti Lolos Seleksi HRD"