Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peran Penting Seorang Business Development Bagi Perusahaan

Mungkin sebagian orang sudah tidak asing lagi dengan business development yang memang ada dalam dunia bisnis saat ini dan memiliki peran penting dalam memajukan bisnis jangka panjang perusahaan. Banyak orang menganggap business development sendiri adalah sebuah tim marketing atau sales dan mengenalnya sebagai pengembang produk. Padahal BD (Business Development) dengan sales berbeda lho, untuk business development sendiri adalah sebuah proses menciptakan nilai jangka panjang perusahaan.

Bagi seorang BD tentunya harus membangun nilai berupa revenue, citra perusahaan, brand awareness atau apapun yang menjadi tujuan sebuah perusahaan. Di mana hal ini merupakan tantangan tersendiri bagi seorang BD harus mengindentifikasi sebuah peluang dan membuat terobosan yang menguntungkan perusahaan untuk jangka panjang.

Di mana biasanya business development melakukan pengembangan sebuah perusahan melalui pengembangan relasi bisnis, pasar, dan juga pelanggan. Untuk nilai jangka panjang mengartikannya sebagai penghasilan dan citra untuk perusahannya sendiri. Perlu diketahui bahwa seorang BD harus bisa ketiga komponen relasi bisnis, pasar, dan pelanggan untuk saling berinteraksi sehingga perusahaan bisa berkembang.

Peran Penting Seorang Business Development Bagi Perusahaan

contoh gambar peran bisnis development

Bila Anda termasuk BD tentunya harus bisa mencari kesempatan dengan baik untuk perusahaan supaya berkembangnya bisnis yang akan dipasarkan. Dimana menjadi seorang BD harus bisa menilai keuntungan dan potensi yang akan didapatkan saat akan meluncurkan bisnis baru tersebut. Untuk lebih pahamnya bisa mengetahui tugas dari BD ini terlebih dulu.

Berikut Beberapa Tugas dari Seorang yang Menjabat Business Development

1. Memahami Produk Perusahaan

Tugas pertama yang diemban seorang BD adalah bisa memahami produk perusahan, bahkan dituntut bisa memahami seluruh produk. Memahami di sini artinya seorang BD bisa mengetahui keunggulan, fiturnya, bahan baku hingga prosesnya yang lakukannya di ketahui.

2. Menyusun dan Mempresentasikan Strategi Pemasaran Perkembangan Bisnis

Tugas selanjutnya adalah bisa menyusun dan mempresentasikan strategi pemasaran perkembangan bisnis yang dijalaninya. Misalnya saja seorang BD harus bisa meningkatkan loyalitas pelanggan, menemukan pelanggan baru, strategi kemitraan, penjualan, dan memantau indokator. Sehingga bagi Anda seorang BD harus mempunyai kemampuan dalam mempresentasikan sesuatu. Berjualan, dan membuat kesepakatan terkait strateginya.

Dimana kebanyakan orang yang sudah mengetahui tugas dari seroang BD akan tergiur untuk menjabatnya. Akan tetapi untuk menjadi seorang Business Development yang sukses memerlukan kinerja yang bagus, mulai dari berpikir kreatif, problem solving, dan muncul ide-ide baru.

3. Bertugas untuk Memonitor Perkembangan Pasar

Bila Anda menjadi seorang BD tentunya harus memahami tugas yang diembannya dan harus menjalankannya dengan baik, salah satunya memonitor. Di mana artinya seorang BD harus bisa memonitor perkembangan dan kompetisi dari pasaran yang sedang berjalan. Hal tersebut bertujuan untuk bisa melihat prospek sehingga membuat perkembangan produk, pelanggan ataupun kemitraan baru.

Seorang BD dituntut juga mampu melakukan riset untuk menentukan target pasar sebuah bisnis sebelum menyesuaikannya dengan produk yang akan perusahaan kembangkan. Hal ini bertujuan agar produk yang akan diluncurkan sesuai dengan sasaran.

4. Mengkoordinasikan dengan Divisi lain untuk Berkembangnya Produk

Tugas selanjutnya yang BD harus kerjakan adalah mengkoordinasikan dengan divisi lain untuk mengembangkan sebuah produk perusahaan. Karena memang seorang BD membutuhkan divisi lainnya untuk mendukukng kinerjanya, dari sales, marketing, hingga account manager.

Berikut Inilah Beberapa Skill yang Harus Seorang Business Development Miliki

1. Skill Berkomunikasi dengan Baik

Bagi Anda seorang BD tentunya harus memiliki skill yang satu ini supaya bisa menjalankan tugasnya dengan baik, yaitu berkomunikasi dengan baik. Di mana Anda harus berkomunikasi dengan banyak kalangan, baik itu untuk internal perusahaan ataupun eksternal perusahaan sendiri. Anda bisa memulai berkomunikasi dengan baik dari calon pelanggan, klien, tim, bahkan presentasi ke kolega dan petinggi perusahaan.

2. Skill Marketing

Skill selanjutnya yang harus BD miliki adalah Skill marketing, di mana nanti akan berkeja sama dengan tim sales dan tim marketing. Dengan tujuan bisa mempromosikan brand perusahaan kepada target pasar sehingga bisa sesuai dengan prediksi sebelumnya. Jadi, mengetahui apapaun yang berbau marketing amat diperlukan.

3. Skill Bernegosiasi

Untuk membuat sukses tugasnya, Anda seorang BD harus memiliki skill dalam bernegosiasi dengan klien ataupun calon klien supaya bisa bekerja sama. Pasalnya banyak yang beranggapan kalau bernegosiasi tidaklah mudah karena bila salah bisa membuat perusahaan rugi dan citra menjadi rusak. Berbeda lagi bila Anda menguasai skill ini yang artinya bisa mendapatkan nilai plus.

4. Skill analisis

Skill selanjutnya adalah bisa mengalisis dan meriset pola bisnis supaya tugas yang diembang berjalan dengan baik. Di mana bisa melakukannya dengan melihat data pertumbuhan penjulan setiap bulannya, data investor, data klien, bahkan data dari kompetitor. Seorang BD harus bisa mempresentasikan data-data di atas ke petinggi perusahaan untuk menjadikannya tolak ukut perkembangan bisnisnya.

5. Memiliki Wawasan yang Luas

Skill selanjutnya yang juga harus dimiliki seorang BD adalah memiliki wawasan yang luas karena temasuk kunci suksesnya. Karena memang seorang BD harus bisa menganalisis trend dan strategi yang dibuat untuk pengembangan bisnis benar atau tepat sasaran. Anda harus bisa melihat kompotitor dan strategi apa yang dibutuhkan untuk membuat perusahaan kamu lebih Berjaya ketimbang lainnya.

Itulah penjelasan lengkap tentang peran penting seorang Business Development bagi perusahaan. Berkarir sebagai seorang Business Development harus memiliki skill yang mumpuni dan paham terhadap tugas yang akan di jalankannya, sehingga mampu memajukan perusahaan dimasa sekarang dan masa yang akan datang. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Post a Comment for "Peran Penting Seorang Business Development Bagi Perusahaan"